Analis Sepakat Memprediksi IHSG Pekan Depan Menguat

Pekan Depan IHSG diproyeksikan IHSG akan berada di range antara 6280 – 6465.

Analis Sepakat Memprediksi IHSG Pekan Depan Menguat
thikstock via Kompas.com
Ilustrasi bursa 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tergelincir pada perdagangan akhir pekan, Jumat (5/7). Mengutip RTI, indeks terkoreksi tipis 0,04% atau 2,490 poin ke level 6.373,478.

Sepanjang sepekan ini, indeks menguat sebanyak 0,23%.

Dengan level tertinggi di level 6.384,898 pada perdagangan Selasa (2/7) dan terendah di level 6.362,622 di perdagangan Rabu (3/7/2019).

Investor asing mencatatkan net sell Rp 940,13 miliar.

Analis Bina Artha Sekuiritas Muhammad Nafan Aji melihat pergerakan IHSG dipengaruhi beberapa sentimen, baik dari sektor domestik maupun sektor global.

Di sektor domestik, sentimen yang mempengaruhi adalah stabilitas inflasi dan adanya kenaikan cadangan devisa per Juni menjadi 123.80 dari yang sebelumnya senilai 120,3 miliar.

Sementara itu di faktor global, meredanya sentimen perang dagang antara AS dan China juga membawa sentimen positif bagi IHSG. Belum lagi nada dovish yang dikeluarkan The Fed, Bank Sentral Amerika.

Sentimen positif ini diprediksikan Nafan masih akan terus berlanjut hingga pekan depan dan diperkuat dengan sentimen-sentimen lainnya seperti rilis indeks keyakinan konsumsi dan data penjualan ritel per Mei.

Di sisi lain, pasar harus waspada terhadap sentimen negatif dari perang dagang antara AS dan Uni Eropa. Rilis data ekonomi AS terbaru khusus data ketenagakerjaan akan mengontrol arah IHSG.

Pekan depan, Nafan memprediksikan IHSG masih akan menguat namun tetap memiliki potensi adanya koreksi wajar.

Halaman
12
Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved