Anandita Hadirkan Penari dari Nanjing, Sam Poo Kong Gelar Seminar Budaya Peran Cheng Ho

Seminar Budaya dengan tema Menyingkap Peran Laksamana Cheng Ho dari Altar Sejarah dan Warisan Budaya digelar Sam Poo Kong, Kamis, 4 Juli 2019

Anandita Hadirkan Penari dari Nanjing, Sam Poo Kong Gelar Seminar Budaya Peran Cheng Ho
IST
Seminar Budaya, Menyingkap Peran Laksamana Cheng Ho dari Altar Sejarah dan Warisan Budaya siap digelar Sam Poo Kong Pada Kamis, 4 Juli 2019 di Wisata Sam Poo Kong. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sosok Cheng Ho berkontribusi dalam penyebaran budaya layak dikenang. Dan masuknya budaya Tiongkok ke nusantara memberikan pembelajaran baru bagi masyarakat mengenai budaya asing.

Apalagi sumbangsih Laksamana Cheng Ho dalam hal akulturasi budaya sangat besar di peradaban ini. Dalam rangka menyingkap dan mengungkap akulturasi dari peran Cheng Ho, Sam Poo Kong menggelar seminar budaya.

Seminar Budaya dengan tema Menyingkap Peran Laksamana Cheng Ho dari Altar Sejarah dan Warisan Budaya digelar Sam Poo Kong, Kamis, 4 Juli 2019 di Wisata Sam Poo Kong. Kegiatan Seminar ini dilaksanakan sebagai bentuk Road to Festival Cheng Ho 2019.

Setiap tahunnya festival arak-arakan Cheng Ho menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk menghargai dan mengenang kembali keberadaan Ma He/Laksama Cheng Ho.

Event seminar budaya pun digelar Wisata Sam Poo Kong sebagai bentuk apresiasi terhadap Laksamana Cheng Ho.

Tema tersebut terinspirasi dari maraknya budaya Tiongkok seperti barongsai, kungfu, hingga akulturasi budaya berbentuk hewan dengan percampuran budaya China, Jawa, dan Arab berupa Warak Ngendok. Selain itu, napak tilas Cheng Ho di berbagai tempat dan peran yang disebarluaskan menjadi cerita tersendiri yang layak untuk diturunkan ke generasi berikutnya.

Peran Cheng Ho di pelbagai bidang antara lain budaya, politik, dan ekonomi pun menjadi alasan mengapa Cheng Ho menjadi salah satu Tokoh Muslim Tiongkok yang layak untuk terus menjadi buah bibir kebaikannya.

Dalam bidang politik, Cheng Ho turut berperan dalam menjembatani kerjasama kerajaan Malaka dengan Dinasti Ming hingga pintu perdagangan pun terbuka.

"Berkat jasa Sam Poo Kong, maka kami selenggarakan seminar budaya pada 4 Juli 2019 dengan tema Menyingkap Laksamana Cheng Ho dari Altar Sejarah dan Warisan Budaya," kata Annisa, Business Development Wisata Sam Poo Kong sebagaimana rilis kepada Tribun Jateng.

Selain daya tarik sosok Cheng Ho, Wisata Sam Poo Kong juga akan menghadirkan delegasi Nanjing sebagai pemateri dan juga pengisi hiburan dalam seminar budaya ini. Anandita selaku GM Wisata Sam Poo Kong menambahkan, ada 5 penari dan 1 penyanyi yang didatangkan langsung dari Nanjing Tiongkok.

"Seminar budaya ini bakal spesial banget karena akan langsung dipertunjukkan tari dan juga lagu oleh penari serta penyanyi Tiongkok langsung. Jadi tidak akan menyesal menghabiskan waktu liburan dengan seminar budaya kami," tutur Anandita.

Dia menargetkan, peserta adalah para mahasiswa Bahasa Mandarin maupun Komunitas Mandarin serta masyarakat umum. Tiket masuk Rp 25 ribu mendapat fasilitas snack, sertifikat, dan dan free tour keliling Sam Poo Kong. (wid)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved