Jadi Pembicara Seminar Peternakan di Surabaya, Wakil Bupati Pati Singgung Soal Peternak Ayam

industri pertanian maupun peternakan yang berbasis makanan tidak akan surut selama manusia masih membutuhkan bahan makanan

Jadi Pembicara Seminar Peternakan di Surabaya, Wakil Bupati Pati Singgung Soal Peternak Ayam
Istimewa
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menjadi narasumber dalam seminar peternakan dengan tema "Strategi Peningkatan Daya Saing Dalam Akselerasi Ekspor" yang berlokasi Ruang Diamond 1, Grand City Convex Surabaya, Jumat (5/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SURABAYA - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menjadi narasumber dalam seminar peternakan dengan tema "Strategi Peningkatan Daya Saing Dalam Akselerasi Ekspor" yang berlokasi Ruang Diamond 1, Grand City Convex Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Seminar yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian ini bertujuan mewujudkan peningkatan ekspor komoditi peternakan di pasar internasional.

Para peserta seminar ialah Dekan dari berbagai perguruan tinggi terkemuka dan Kepala Dinas Peternakan se-Indonesia.

Safin, sapaan Saiful Arifin menyampaikan, industri pertanian maupun peternakan yang berbasis makanan tidak akan surut selama manusia masih membutuhkan bahan makanan untuk kehidupan.

"Industri pertanian maupun peternakan ini saya lakukan."

"Contohnya, saya pernah memelihara kambing, kemudian bebek."

"Ini kita coba kembangkan bagaimana cara sistem beternaknya sehingga jika baik, kita dapat membekali masyarakat terkait sistem tersebut," ujar dia.

Menurut Safin, petani umumnya tidak berpikir untuk bagaimana mendapatkan keuntungan materiil berlebih, melainkan bagaimana agar dapat menjual hasil taninya dengan harga yang dirasa bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Yang dipikir adalah, dia beli pakan berapa, beli bibit berapa, ditambah dengan kestabilan harga, maka ketika tiba waktu panen, akan mendapatkan harga jual yang sepadan atau pantas," jelasnya.

Safin menegaskan, adanya kemitraan yang saling menguntungkan dalam menjalankan industri berbasis pertanian maupun peternakan sangatlah penting.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved