Kunjungi Kabupaten Pati, Diskominfo Pekalongan Pelajari Penerapan Tanda Tangan Elektronik

Dipandang memiliki kelebihan dalam hal tata kelola pemerintahan berbasis e-government, Kabupaten Pati menjadi rujukan studi banding dari daerah lain.

Kunjungi Kabupaten Pati, Diskominfo Pekalongan Pelajari Penerapan Tanda Tangan Elektronik
Ist
Kunjungan kerja Diskominfo Kabupaten Pekalongan ke Diskominfo Kabupaten Pati, Kamis (4/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dipandang memiliki kelebihan dalam hal tata kelola pemerintahan berbasis e-government, Kabupaten Pati menjadi rujukan studi banding dari daerah lain.

Kali ini, Dinas Komunikasi dan lnformatika Kabupaten Pati menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan di Aula Diskominfo Kabupaten Pati, Kamis (4/7/2019).

Kepala Diskominfo Pati Indriyanto dalam sambutannya mengatakan, Pati adalah satu di antara beberapa kabupaten di Jawa Tengah yang sudah menerapkan tanda tangan elektronik.

Penerapan ini dianggap sangat efektif dan efisien dalam rangka menjalankan tata kelola pemerintahan.

"Sudah satu tahun lebih kami terapkan di beberapa OPD. Insya Allah tahun ini akan kami terapkan di seluruh OPD," jelas Indriyanto.

Pasar Semarangan di Hutan Tinjomoyo Kota Semarang Rencananya Akan Dibuka Kembali

Sementara, Kepala Diskominfo Kabupaten Pekalongan Anis Rosidi menyampaikan, tujuannya dalam studi banding ini adalah mempelajari tanda tangan elektronik yang sudah diterapkan di Kabupaten Pati.

Pihaknya ingin mempelajari seperti apa aplikasinya dan bagaimana standar operasional prosedurnya di Kabupaten Pati.

Anis menilai, saat ini, dalam hal keamanan informasi dan pengolahan data, Kabupaten Pati relatif lebih baik dibanding Kabupaten Pekalongan.

Untuk itu ia mengatakan ingin ngangsu kawruh, terutama terkait regulasi-regulasi yang menyangkut standar operasional keamanan informasi dan persandian.

"Kami menentukan Pati sebagai tempat tujuan studi banding bukan karena kedekatan lokasi. Melainkan karena memang ada hal baik di sini, yang nanti bisa kami implementasikan di Kabupaten pekalongan," pungkasnya. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved