Pasar Semarangan di Hutan Tinjomoyo Kota Semarang Rencananya Akan Dibuka Kembali

Pasar Semarangan yang berada di kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo Kota Semarang kini telah direvitalisasi.

Pasar Semarangan di Hutan Tinjomoyo Kota Semarang Rencananya Akan Dibuka Kembali
Istimewa
Suasana Pasar Semarangan saat rangkaian kegiatan Apeksi 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pasar Semarangan yang berada di kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo Kota Semarang kini telah direvitalisasi.

Event wisata berkonsep digital tersebut secara fisik sudah berbenah, seperti pembenahan lapak, jalur pedestrian, jalan raya menuju Hutan Wisata Tinjomoyo, penambahan sejumlah spot selfie, panggung, dan fasilitas toilet yang layak.

Upaya revitalisasi pasar digital ini dilakukan secara sinergi oleh beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kota Semarang seperti Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan).

Wali Kota Hendi Kisahkan Sejarah Hutan Wisata Tinjomoyo, dari Kebun Binatang hingga Pasar Semarangan

Pembenahan Pasar Semarangan ini dilakukan beberapa hari yang lalu dalam rangka menyambut 98 wali kota seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) saat kegiatan penanaman pohon di Hutan Wisata Tinjomoyo.

Meski demikian, revitalisasi Pasar tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk agenda itu saja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari mengatakan, akan kembali membuka Pasar Semarangan yang beberapa waktu lalu sempat vakum.

"Ini digunakan untuk Apeksi, setelah itu Pasar Semarangan akan buka lagi," tutur Iin, sapaan akrab Indriyasari, Jumat (5/7/2019).

Diakuinya, kondisi Pasar Semarangan sebelumnya memang kurang menarik perhatian. Sehingga, pihaknya berusaha melakukan peremajaan mengikuti perkembangan zaman dengan tetap mengangkat konsep suasana alam.

"Tadinya saat Pasar Semarangan buka sudah heboh tapi tidak berlangsung lama, semakin hari semakin surut. Saat ini kami sedang berupaya mempertahankan, bukan hanya buka tapi buka secara rutin," katanya.

Lanjut Iin, rencana pembukaan kembali Pasar Semarangan masih sedang dalam pembahasan. Pihaknya akan menggandeng pelaku usaha dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang benar-benar memiliki semangat untuk membuka usaha di Pasar Semarangan.

Halaman
123
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved