Pentas Reog Ramaikan HUT Bhayangkara ke 73 di Polres Salatiga

Ribuan orang memadati lapangan Mapolresta Salatiga Jumat (5/6/2019) siang.

Pentas Reog Ramaikan HUT Bhayangkara ke 73 di Polres Salatiga
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Sejumlah penari jaran kepang dari kelompok reog Lestari Budi Tamtomo Salatiga memeriah HUT Bhayangkara ke 73 di Mapolresta Salatiga, Jumat (5/7/2019). TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Ribuan orang memadati lapangan Mapolresta Salatiga Jumat (5/6/2019) siang.

Mereka tidak lain adalah masyarakat Kota Salatiga yang ingin menyaksikan pentas reog dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 di Polres Salatiga.

Kasatreskrim Polres Salatiga AKP Suharto selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan pentas reog yang tengah berlangsung merupakan rangkaian dari HUT Bhayangkara ke 73 yang jatuh pada 1 Juli 2019 kemarin.

"Ini bentuk wujud syukur kami selaku anggota polri tidak bisa terpisahkan dengan masyarakat.

Karena itu kami mencoba menyajikan hiburan bertepatan HUT Bhayangkara tahun ini," terangnya kepada Tribunjateng.com, Jumat (5/7/2019)

Menurut AKP Suharto, sajian hiburan pentas reog yang menampilkan kelompok kesenian Lestari Budi Tamtomo dari Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga itu akan memamerkan aksinya selama empat jam.

Ia menambahkan, berbagai rangkaian kegiatan yang juga telah dijadwalkan bersamaan Hari Bhayangkara diantaranya pendirian Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Kemudian gowes bareng Kapolres Salatiga bersama masyarakat, lalu Bazar dan pasar murah Produk UMKM unggulan Kota Salatiga.

"Beberapa acara itu dapat diikuti seluruh masyarakat Kota Salatiga tanpa dipungut biaya.

Khusus sepeda santai pada besok Sabtu (6/7/2019) tersedia doorprize utama tiga buah sepeda dan satu ekor kambing," katanya

Dikatakan AKP Suharto tidak berhenti pada acara siang hari, malamnya masyarakat juga dapat turut serta menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Purbo Asmoro dan Sinden Wiwid widayati asal Solo serta Agus Kenthus.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menyampaikan HUT Bhayangkara ke 73 di Polres Salatiga sengaja mengusung tema acara bernuansa seni dan budaya.

"Kami sadar polri sebagai mitra masyarakat maka untuk mengefektifkan program kepolisian perlu penguatan visi kebangsaan satu diantaranya melalui pelestarian budaya," ujarnya

Di luar itu lanjutnya, budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta perlu dilestarikan agar tidak hilang.

Satu dari sekian cara mendukung ketahanan budaya ialah dengan memberi kesempatan kepada para pelaku seni dan budaya melalui pertunjukkan. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved