Video Dampak Masifnya Galian C Lebaksiu Tegal - Sungai Gung Rusak, Petani Tak Ada Suplai Air

Puluhan hektare lahan pertanian di Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, mengering diduga akibat masifnya aktivitas galian C.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Puluhan hektare lahan pertanian di Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, mengering diduga akibat masifnya aktivitas galian C. Maraknya aktivitas penambangan pasir dan batu galian C di sekitar Sungai Gung yang mengalir di Kecamatan Lebaksiu pun akhirnya tak dapat mengairi lahan pertanian.

Aliran Sungai Gung yang biasanya mengalir ke areal pertanian, kini sudah berhenti sehingga lahan pertanian mengering. Hal itu dirasakan nyata Pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Lebaksiu Kidul, Kecamatan Lebaksiu, H Muhi (55) saat ditemui Tribunjateng.com, Rabu (3/7/2019).

Dia menuturkan, kini banyak petani dari desanya tidak bisa bercocok tanam, bahkan menganggur akibat galian C yang tidak terkontrol. "Kondisi ini terjadi sejak sekitar 10 tahun silam. Sejak ada penambangan pasir dan batu di Sungai Gung," kata Muhi bernada memelas, Rabu (3/7/2019).

Dampak Masifnya Galian C Lebaksiu Tegal - Sungai Gung Rusak, Petani Merugi Akibat Tak Ada Suplai Air

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved