Menko Maritim Luhut Binsar Melawat Almarhum Sutopo di Guangzhou

Di sela-sela kunjungan kerjanya di Guangzhou, Tiongkok, Menko Maritim Luhut B Pandjaitan menyempatkan diri menjenguk almarhum Sutopo

Menko Maritim Luhut Binsar Melawat Almarhum Sutopo di Guangzhou
Ria Anatasia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan 

TRIBUNJATENG.COM, GUANGZHOU - Di sela-sela kunjungan kerjanya di Guangzhou, Tiongkok, Menko Maritim Luhut B Pandjaitan menyempatkan diri menjenguk almarhum Sutopo Purwo Nugroho, di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Minggu (7/7/2019).

Hal tersebut dia lakukan usai mendapat kabar duka terkait berpulangnya Sutopo yang menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 02.20 dini hari, waktu Guangzhou.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo, meninggal saat menjalani pengobatan kanker paru-paru staidum 4B.‎

Sebelum berobat ke Guangzhou, Sutopo pernah menjalani berbagai pengobatan di sejumlah rumah sakit.

Sesampainya di St. Stamford Modern Cancer Hospital‎, Menko Luhut pun langsung menuju tempat almarhum dirawat.

Di sana, ia bertemu dengan Retno Utami Yulianingsih (istri Sutopo) dan Nurzuama (kakak ipar almarhum).

"Saya sering berinteraksi dengan Pak Sutopo saat saya urus kebakaran hutan tahun 2015, beliau orang baik," kata Menko Luhut pada Retno Utami Yulianingsih, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng.

Luhut juga meminta pada Konsul Jenderal RI di Ghuangzou, Gustanto, untuk mengurus segala keperluan pemulangan jenazah ke Tanah Air.

Ia ingin memastikan kepulangan jenazah berjalan lancar.

Informasi dari pihak keluarga, jenazah almarhum akan sampai di Jakarta pada pukul 20.00, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Setelah itu, rencananya jenazah akan langsung dibawa ke rumah duka di Cibubur untuk disemayamkan sebelum dibawa ke Boyolali untuk dimakamkan.

Diketahui, almarhum telah berada di Guangzhou sejak 14 Juni 2019 untuk mendapat perawatan terkait penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Sutopo pertama kali didiagnosis mengidap kanker paru Stadium IV B pada 17 Januari 2018.

Namun demikian, penyakit tersebut tak menjadi halangan baginya untuk terus memberikan informasi terkait kebencanaan kepada masyarakat. (Yayan Isro' Roziki)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved