Sambut ASEAN Festival 2019, Bola Raksasa Digelindingkan di Jalan Pahlawan Semarang

Sebuah bola raksaksa berwarna merah dan putih digelindingan menyusuri Jalan Pahlawan Semarang untuk sambut ASEAN Schools Games 2019

Sambut ASEAN Festival 2019, Bola Raksasa Digelindingkan di Jalan Pahlawan Semarang
Tribun Jateng/Eka Yulianti Fajlin 
Bola raksaksa digelindingkan ke sepanjang Jalan Pahlawan, dalam acara Giant Ball Parade, yang merupakan rangkaian ASEAN Festival Games, Minggu (7/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - ASEAN Schools Games 2019 yang bakal diselenggarakan di Kota Semarang tinggal menghitung hari.

Untuk mempromosikan gelaran tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang, dan PSIS Semarang mempromosikan event tersebut dengan menggelar Giant Ball Parade di Jalan Pahlawan, Minggu (7/7/2019).

Sebuah bola raksaksa berwarna merah dan putih digelindingan menyusuri Jalan Pahlawan.

Bola tersebut pun menjadi pusat perhatian ratusan pengunjung car free day (CFD). Selain bola raksasa, sejumlah pemain PSIS Semarang juga hadir memeriahkan Giant Ball Parade.

Asisten Deputi Industri dan Olahraga Kemenpora, Sandi Swardihasan mengatakan, Giant Ball Parade merupakan rangkaian kegiatan ASEAN Festival 2019 yang akan diselenggarakan berbarengan dengan ASEAN School Games pada 17 hingga 21 Juli 2019.

"Kami full power melakukan sosialisasi kegiatan tersebut. Oleh karena itu, kami buat Giant Parade Ball di Kota Semarang. Tanggal 14 Juli nanti kami juga akan selenggarakan Giant Parade Ball di Solo," tutur Sandi.

Menurutnya, ASEAN Festival 2019 menjadi kegiatan pendukung ASEAN School Games 2019.

Festival ini akan menampilkan berbagai hiburan menarik seperti pameran, konser musik, talkshow aneka kompetisi, pagelaran seni dan budaya, dan festival kuliner ASEAN yang melibatkan peserta dari beberapa negara anggota ASEAN.

"Sport juga perlu dipadukan dengan budaya. Kami harap akan ada fampak ekonomi baik dari ASEAN Festival maupun ASEAN School Games," ucapnya.

Sandi menambahkan, Giant Ball Parade juga dimaksudkan sebagai sarana sosialisasi Inpres Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembanhunan Persepakbolaan Nasional sekaligus mempromosikan beberapa ajanh olahraga seperti Sea Games 2019 di Manila, Pekan Olahraga Nasional 2020 di Papua dan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Kegiatan ini pun disambut meriah oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan Pemkot Semarang untuk menyambut ASEAN School Games 2019 dan ASEAN Festival 2019.

"Trasportasi, hotel, dan beberapa venue milik Pemkot yang digunakan untuk gelaran tersebut, insyaallah keseiapan sudah dilaksankan. Kami harap acara ini bisa sukses," ucap Ita, sapaan akrabnya.

Dia berharap, gelaran internasional ini bisa menimbulkan dampak multiplier bagi Kota Semarang seperti peningkatan perekonomian dan pariwisata Kota Semarang. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved