Info Gempa Hari Ini, BMKG Catat Ada 49 Gempa Susulan Pasca 7,1 SR Guncang Ternate

BMKG Stasiun Geofisika Kota Ternate, Maluku Utara, mencatat sebanyak 49 kali gempa bumi susulan menguncang Kota Ternate, Senin (8/7/2019).

Info Gempa Hari Ini, BMKG Catat Ada 49 Gempa Susulan Pasca 7,1 SR Guncang Ternate
ISTIMEWA
Gempa di Maluku Utara berpotensi tsunami yang terjadi Minggu (7/7/2019) petang. 

TRIBUNJATENG.COM, MALUKU - Badan Meteorologi, Klimotologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kota Ternate, Maluku Utara, mencatat sebanyak 49 kali gempa bumi susulan menguncang Kota Ternate, Senin (8/7/2019), setelah gempa bermagnitudo 7,1.

Dari 49 kali gempa susulan, yang paling besar bermagnitudo 5,5 yang terjadi pukul 13.20, dengan pusat gempa berada pada 0.50 Lintang Utara dan 126.12 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer di laut Maluku Utara.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko mengatakan, dari 49 kali gempa susulan, kekuatan paling rendah bermagnitudo 3,2 dan yang paling tinggi bermagnitudo 5,5.

"Kemudiaan dari gempa ini yang dilaporkan terasa adalah gempa bumi yang terjadi pada pukul 11.00 berkekuatan 4,8 SR, dengan kedalaman 10 kilometer dengan pusat gempa di laut Maluku 110 kilometer barat daya Ternate, Maluku Utara," kata Kustoro.

Sejauh ini, dari gempa bumi bermagnitudo 7,1 hingga 49 kali gempa susulan, lanjut Kustoro, belum ada laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Utara maupun Kota Ternate akan adanya kerusakan bangunan maupun korban jiwa.

“Gempa terakhir sekitar pukul 17.58 WIT bermagnitudo 3,2,” kata Kustoro.

Gempa susulan itu, kata Kustoro, kekuatannya juga makin kecil.

BMKG juga terus memantau dan melaporkan perkembangannya secara berkala.

“Untuk itu kami imbau masyarakat pulang ke rumah, tenang, dan tidak terpancing isu-isu yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "49 Kali Gempa Susulan Terjadi di Ternate, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang"

Editor: deni setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved