Perbaiki 20 Saluran Irigasi Tahun Ini, Pemkab Disediakan Rp 9 Miliar, Bersumber DAK dan APBD Batang

Wujudkan visi dan misi Bupati Batang Wihaji, yaitu jalan mulus irigasi terurus, Pemkab Batang anggarkan Rp 9 miliar untuk perbaikan irigasi.

Perbaiki 20 Saluran Irigasi Tahun Ini, Pemkab Disediakan Rp 9 Miliar, Bersumber DAK dan APBD Batang
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Seorang petani menunjukkan saluran irigasi yang rusak di Kali Arus Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Wujudkan visi dan misi Bupati Batang Wihaji, yaitu jalan mulus irigasi terurus, Pemkab Batang anggarkan Rp 9 miliar untuk perbaikan irigasi.

Dana tersebut digunakan Pemkab untuk memperbaiki 20 saluran air tahun ini.

Perbaikan dilakukan untuk mendukung pengembangan pertanian yang ada di beberapa daerah.

Dari 20 pekerjaan perbaikan irigasi, 3 perbaikan ada di Kecamatan Bawang dengan total dana mencapai Rp 2 miliar.

Dijelaskan Karyono, Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, perkerjaan perbaikan irigasi akan dikebut penyelesaiannya tahun ini.

“Kami kerjakan berdampingan bersama perbaikan jalan yang dilakukan. Tahun ini ada 9 perbaikan irigasi yang sudah dilelangkan dan dikerjakan mulai 28 Juni hingga Oktober 2019. Sedangkan 11 lainnya akan menyusul,” paparnya, Senin (8/7/2019).

Dilanjutkannya, perbaikan saluran air di Kecamatan Bawang mencapai Rp 2 miliar, dimana diperuntukkan untuk pertanian.

“Seperti saluran irigasi di Kali Arus Kecamatan Bawang, yang rusak karena diterjang banjir beberapa tahun lalu. Hal tersebut menyebabkan sejumlah sawah tidak teraliri air dan akan diperbaiki dari saluran teratas tahun ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, perbaikan jaringan irigasi yang dilakukan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan APBD Kabupaten Batang.

“Dari DAK mencapai Rp 4,2 miliar untuk 11 perbaikan irigasi. Sedangkan untuk 9 perbaikan saluran air lainnya menggunakan dana APBD sebesar Rp 4,8 miliar,” tuturnya.

Ditambahkannya, selain Kecamatan Bawang, saluran irigasi di 10 kecamatan lainnya juga akan diperbaiki.

“Di Kecamatan Bawang kami fokuskan untuk pengairan pertanian, namun kami juga melakukan perbaikan irigasi yang mulai rusak di Kecamatan Pecalungan, Tersono, Reban, Subah, Bandar, Gringsing, Pecalungan, Wonotunggal, Reban, dan Tulis,” tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved