Analis Kompak Ramalkan IHSG Lanjutkan Penguatan

Indeks Harga Saham Gabungan ditutup menguat 0,57 persen ke level 6.388,323, Selasa (9/7/2019).

Analis Kompak Ramalkan IHSG Lanjutkan Penguatan
Kontan/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan ditutup menguat 0,57 persen ke level 6.388,323, Selasa (9/7/2019).

Sebanyak tujuh sektor menopang kenaikan IHSG, sedangkan tiga sektor lainnya melemah.

Sektor-sektor dengan kenaikan tertinggi adalah sektor infrastruktur yang naik 1,34 persen, sektor industri dasar naik 1,06 persen dan sektor konstruksi naik 0,98 persen.

Analis Panin Sekuiritas William Hartanto mengatakan, indeks tertopang oleh aksi beli investor asing. Investor asing mencatatkan pembelian bersih Rp 837,91 miliar di seluruh pasar.

Di samping itu, stabilitas fundamental makroekonomi domestik juga menjadi sentimen positif bagi indeks.

“Stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan memberikan katalis positif bagi penguatan indeks."

"Adapun data retail sales per Mei mengalami kenaikan dari 6,7 persen menjadi 7,7 persen disikapi positif oleh para pelaku pasar,” kata Muhammad Nafan Aji, analis Bina Artha Sekuritas dilansir Kontan.co.id.

Di sisi lain, memudarnya harapan pemangkasan suku bunga yang agresif The Fed menjadi hambatan penguatan IHSG lebih tinggi.  

Meski begitu, ketiga analis ini kompak memprediksi IHSG bakal melanjutkan penguatannya, Rabu (10/7/2019) besok.  

Chris Ariliony memprediksikan IHSG menguat dan berada di range 6.360-6.410.

William Hartanto memprediksikan IHSG menguat di rentan 6.350-6.420. Serta, Nafan melihat IHSG akan menguat di rentan 6.339-6.412.

Adapun saham-saham yang layak diakumulasikan perdagangan Rabu, menurut Nafan merekomendasikan buy saham ADRO, AKRA, BBTN, BIRD, dan BSDE.

Sedangkan Chris merekomendasikan saham HMSP yang secara teknikal sudah murah, PTBA, dan TLKM yang memiliki kinerja yang baik tahun ini berkat proyek pembangunan inrastruktur telekomunikasi Palapa Ring. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Tiga analis ini kompak prediksi IHSG menguat, Rabu (9/7)

Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved