Gerakan Kembali Bersekolah Antarkan Pemkab Brebes Masuk 99 Karya Inovatif Pelayanan Publik

Kabupaten Brebes berhasil menjadi nominator top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang digelar Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan

Gerakan Kembali Bersekolah Antarkan Pemkab Brebes Masuk 99 Karya Inovatif Pelayanan Publik
IST
Sekda Brebes, Djoko Gunawan (tengah), mempresentasikan program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) di Jakarta, Selasa (9/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Kabupaten Brebes berhasil menjadi nominator top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang digelar Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Ajang bergensi tersebut diikuti lebih dari 1500 peserta se Indonesia. Keberhasilan Brebes ditopang atas kesuksesan dalam inovasi program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB).

"Saya mewakili Bupati Brebes untuk presentasi tentang GKB di hadapan 11 juri berlatar belakang berbagai disiplin ilmu dan keahlian," kata Sekda Brebes, Djoko Gunawan, dalam keterangannya, usai presentasi di Menpan RB, di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Menurutnya, Brebes dipandang telah berhasil menciptakan inovasi pelayanan dasar dalam bidang pendidikan, berupa Gerakan Kembali Bersekolah.

Ia mepaparkan, inovasi GKB dirintis sejak 2017 dengan target 1000 anak putus sekolah dan berhasil mengembalikan sebanyak 1.212 anak kembali bersekolah.

Di Brebes, lanjutnya, ada 16.874 anak tidak sekolah akibat putus sekolah dan tidak melanjutkan sekolah pada jenjang pendidikan SMP dan SMA.

Dan pada akhir tahun 2022, seluruh anak Brebes harus sekolah hingga jenjang SLTA, baik formal maupun non formal.

"Berbagai kendala dan kendali dalam pelaksanaan GKB di lapangan, juga saya paparkan kepada dewan juri," ucapnya.

Menurutnya, dewan juri sangat terkesan dengan pemaparan yang disampaikan.

Terbukti, mereka memberi dukungan atas langkah Pemkab Brebes dalam inovasi GKB.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapperlitbangda), Angkatno menambahkan, usai presentasi, Kabupaten Brebes diharapkan bisa masuk Nominator 45 yang akan digelar di Gumaya Tower Semarang, 18 Juli mendatang. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved