Menelusuri Jejak Kejayaan Industri Tembakau di Kabupaten Purbalingga

Industri tembakau ternyata pernah berjaya di Kabupaten Purbalingga. Industri itu pun sempat menjadi tumpuan ekonomi warga.

Menelusuri Jejak Kejayaan Industri Tembakau di Kabupaten Purbalingga
IST
PT GMIT tempo dulu (ist) 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Industri tembakau ternyata pernah berjaya di Kabupaten Purbalingga. Industri itu pun sempat menjadi tumpuan ekonomi warga.

Jejak kejayaan tembakau di kabupaten ini di antaranya terbukti dengan keberadaan Tobbaco Indonesia Coorporation (TIC) yang di eranya mengekspor tembakau berkualitas untuk bungkus cerutu ke Bremen, Jerman.

Ini dikatakan Tri Daya Kartika, Tokoh Masyarakat Purbalingga dalam Focus Group Discussion (FGD) ‘Sejarah Tembakau di Purbalingga dan Perkembanganya’ yang diselenggarakan oleh Bagian Perekonomian, Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga di Warung Djoglo, Selasa, (09/07).

Detelah era kemerdekaan, TIC dinasionalisasi menjadi perusahaan bernama Gading Mas Indonesia Tobbaco (GMIT) yang berjaya sampai era tahun 1980-an.

“GMIT ini perusahaan yang terkemuka waktu itu, gudangnya saja besar-besar, berjumlah puluhan dan tersebar di berbagai wilayah Purbalingga,” katanya.

Gudang tembakau perusahaan itu pun tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Menurut Tri Daya Kartika, di Kecamatan Padamara dan Kutasari, ada setidaknya empat gudang tembakau, yakni di Desa Padamara, Kalitinggar, Karangaren dan Karanggambas.

Gudang tembakau GMIT lainnya juga ada di Desa Beji dan Pagutan Kecamatan Bojongsari, serta di Desa Kalapacung, Gunung Karang dan Karang Duren di Kecamatan Bobotsari.

Gudang tembakau itu berfungsi untuk penyimpanan dan mengeringkan (ngomprong) daun tembakau.

Tri Daya yang juga ketua Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) meyakini, lahan tembakau di Purbalingga saat itu sangat luas.

“Mungkin bisa sampai ribuan hektar karena gudangnya besar-besar dan ada dimana-mana,” katanya.

Halaman
1234
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved