Sejumlah Bank Menuai Berkah Komisi Ibadah Haji

Sejumlah bank akan menuai berkah dari penyelenggaraan ibadah haji 2019, lewat pendapatan komisi transaksi penukaran mata uang riyal Arab Saudi

Sejumlah Bank Menuai Berkah Komisi Ibadah Haji
AFP PHOTO/BANDAR ALDANDANI
Pemandangan dari udara menunjukkan jemaah haji tengah mengelilingi Kabah, tempat paling suci bagi umat Islam di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Sejumlah bank akan menuai berkah dari penyelenggaraan ibadah haji 2019, lewat pendapatan komisi transaksi penukaran mata uang riyal Arab Saudi untuk kebutuhan tambahan para calon jemaah haji.

BRI Syariah misalnya sebagai satu bank yang menyediakan penukaran mata uang riyak untuk kebutuhan jamaah haji di luar biaya hidup (cost living) yang menjadi komponen biaya haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Dari biaya haji 2019 sebesar Rp 32,23 juta, komponen cost living yang akan diterima jemaah sebesar 1.500 riyal sebagai bekal di Arab Saudi. Pengadaan uang kertas cost living ini dilelang BPIH, dan dimenangkan BRI.

Sekretaris Perusahaan BRI Syariah, Indri Tri Handayani mengatakan, pihaknya membidik transaksi 11 juta riyal tahun ini dan bisa menyumbang fee based income sekitar Rp 2 miliar.

Sepanjang Januar- Juni 2019, bank mencatat penukaran 3,7 juta riyal. "Diharapkan puncak penukaran riyal di musim haji ini akan mendorong pertumbuhan lebih cepat," katanya, kepada Kontan, Jumat (5/7).

BRI Syariah melayani penukaran riyal di seluruh kantor cabang, dengan menyediakan penukaran baik dalam bentuk ritel maupun paket. Selain itu, bank ini juga berencana menghadirkan layanan penukaran riyal di sembilan embarkasi.

Sementara, BNI Syariah menargetkan transaksi penukaran 2 juta riyal tahun ini. Sepanjang semester I/2019, telah tercapai 1,03 juta riyal, atau naik 1-2 persen dari periode sama tahun lalu.

Musim haji diharapkan bisa mendongkrak transaksi riyal tahun ini, di mana ada 27.601 nasabah BNI Syariah berangkat haji, atau setara 12,5 persen dari total jemaah haji Indonesia.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati menuturkan, pihaknya membidik pendapatan komisi sebesar Rp 250 juta dari penukaran riyal tahun ini.

Bank Syariah Mandiri juga menyediakan layanan penukaran riyal untuk kebutuhan haji sejak masa pelunasan sampai masa pemberangkatan jemaah haji. Target penukaran tahun ini SAR 100 juta.

"Transaksi penukaran sudah mencapai lebih dari 95 juta riyal sampai awal Juli 2019, naik 58 persen dari periode sama tahun lalu," terang Sekretaris Perusahaan Mandiri Syariah, Ahmad Reza. (Kontan/Dina Mirayanti Hutauruk)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved