Tiket Pesawat Murah Mulai 11 Juli, Catat! Penerbangan LCC Beri Diskon 50% Tiap Selasa, Kamis, Sabtu

Penurunan harga tiket pesawat maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) untuk rute domestik di waktu tertentu akan efektif berlaku mulai Ka

Tiket Pesawat Murah Mulai 11 Juli, Catat! Penerbangan LCC Beri Diskon 50% Tiap Selasa, Kamis, Sabtu
SHUTTERSTOCK
Tiket pesawat. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Penurunan harga tiket pesawat maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) untuk rute domestik di waktu tertentu akan efektif berlaku mulai Kamis (11/7).

Hal itu diputuskan dalam rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (8/7). Nantinya, penurunan harga tiket pesawat itu akan berlaku pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk jadwal penerbangan pukul 10.00-14.00.

“Kami akan mulai efektif berlakukan (peraturan) ini mulai Kamis 11 Juli 2019. Kenapa? Karena sistem maskapai harus melakukan penyesuaian 2-3 hari,” ujar Sekertaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, di kantornya, Jakarta, Senin (8/7).

Menurut dia, penurunan tarif itu hanya berlaku untuk maskapai Citilink dan Lion Air. Harga tiket pesawat pada kedua maskapai itu di waktu yang telah ditentukan itu akan turun sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya.

“Kami akan memberikan penurunan tarif 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari total seat pesawat, atau 11.626 kursi,” jelasnya.
Rinciannya, untuk Citilink adalah 62 flight per hari, dengan total 3.348 seat, sementara untuk Lion Air Group akan ada 146 flight per hari dengan total 8.278 seat.

Susiwijono menuturkan, secara detil rute mana saja yang akan diturunkan harganya akan diumumkan sebelum 11 Juli 2019. “Flight ke mana saja akan dipublish sebelum Kamis (11/7),” ucapnya.

Guna meringankan biaya operasional maskapai, para stakeholder penerbangan antara lain Angkasa Pura (AP) I, AP II, AirNav, hingga Pertamina sepakat memberi diskon untuk penerbangan-penerbangan di jadwal yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti menyatakan, akan melakukan pengawasan terhadap kebijakan itu. Rute dan jadwal penerbangan akan terus disesuaikan dan dievaluasi.

"Kami akan melakukan pengawasan terhadap kebijakan itu tadi penyediaan penerbangan murah, untuk Selasa Kamis Sabtu, untuk LCC domestik tipe pesawat jet, bersama dengan Kementerian BUMN, dan dikoordinir Kemenko Perekonomian," jelasnya.

Insentif

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved