Disnaker Kota Semarang Buka Pendaftaran Transmigrasi, Dapat Lahan 2 Hektar Hingga Rumah Tinggal

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang membuka pendaftaran bagi masyarakat Kota Semarang yang hendak mengikuti program transmigrasi

Disnaker Kota Semarang Buka Pendaftaran Transmigrasi, Dapat Lahan 2 Hektar Hingga Rumah Tinggal
ist
PETA Provinsi Kalimantan Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang membuka pendaftaran bagi masyarakat Kota Semarang yang hendak mengikuti program transmigrasi.

Program ini merupakan program nasional untuk meratakan penyebaran penduduk di Indonesia.

Kepala Disnaker Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendapatkan jatah kuota lima keluarga saja dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng).

Sehingga pihaknya nantinya akan melakukan seleksi untuk menentukan keluarga yang hendak diikutsertakan dalam program ini.

"Kami melakukan pendaftaran hingga akhir Agustus. Kami akan seleksi keluarga mana yang betul-betul bersedia untuk transmigrasi," tutur Iwan, Rabu (10/7/2019).

Saat seleksi nanti, Iwan akan menjelaskan kondisi tempat transmigrasi yakni di Desa Kahingai, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Pihaknya juga akan benar-benar mempertanyakan kesungguhan para pendaftar untuk mengikuti transmigrasi.

Dalam program ini, pemerintah memberikan fasilitas berupa tanah dua hektar, rumah tinggal senilai Rp 65 juta, jaminan hidup untuk empat anggota keluarga selama satu tahun pertama, dan uang saku perjalanan menuju tempat transmigrasi.

Adapun fasilitas tanah dan rumah akan menjadi hak milik setelah transmigran tinggal selama lima tahun.

"Untuk uang saku disediakan dari Pemkot senilai Rp 900 ribu x 4 hari per keluarga. Sementara fasilitas lainnya disediakan oleh Pemprov. Pemberangkatan juga dikoordinir Pemprov. Kami hanya menyeleksi saja," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved