Ikuti Rapat Terbatas dengan Jokowi, Ganjar Usulkan Program Ini untuk Tingkatkan Ekonomi Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyodorkan 12 program unggulan yang mesti didorong Pemerintah Pusat untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi

Ikuti Rapat Terbatas dengan Jokowi, Ganjar Usulkan Program Ini untuk Tingkatkan Ekonomi Jateng
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat melakukan sidah di posko PPDB Online 2019 di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tegah. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyodorkan 12 program unggulan yang mesti didorong Pemerintah Pusat untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi di Jateng sebesar 7 persen.

Hal tersebut dilakukan setelah Presiden Joko Widodo memberi tawaran khusus dalam rapat terbatas percepatan pembangunan Jawa Tengah di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (9/7)

12 program itu di antaranya adalah sektor infrastruktur, kawasan industri, jalur transportasi udara darat dan laut, pariwisata dan pendidikan.

Dorongan terhadap 12 program tersebut ada yang bersifat penegasan, akselerasi dan review.

"Presiden menginginkan adanya kontribusi dari daerah agar pertumbuhan ekonomi nasional bagus. Kita ditanyakan, kira-kira ada berapa program yang jadi prioritas agar pusat bisa membantu," kata Ganjar.

Beberapa program yang perlu penegasan didominasi sektor infrastruktur.

Misalnya pelabuhan di jalur pantura apakah akan mengoptimalkan Tanjung Emas, atau akan dibuat pelabuhan di tempat lain. Kemudian apakah akan dibangun oleh Pelindo atau swasta.

"Yang sifatnya akselerasi. Misalnya infrastruktur yang belum usai, jalur selatan, beberapa bendungan, Metenggeng, yang di Brebes juga," katanya.

Ganjar menambahkan, untuk program yang mesti diulas sekaligus dipercepat, misalnya Kawasan Wisata Borobudur. Karena dia akan mengawinkan dua pemerintahan antara Jateng dan DIY.

"Pasti akan terjadi peluang dan akan mendorong wisatawan untuk bisa mengakses Borobudur. Kita pemerintah diminta menyiapkan segala sesuatunya. Beberapa peraturan presiden kita minta direview untuk disesuaikan kondisi itu," katanya.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved