Ini Pesan Joko Sutanto Kepada 1.259 Calon Jemaah Haji Kabupaten Demak

Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto secara resmi membuka acara praktek manasik haji massal bagi calon jemaah haji Kabupaten Demak Tahun 2019 di Stadion

Ini Pesan Joko Sutanto Kepada 1.259 Calon Jemaah Haji Kabupaten Demak
IST
Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto secara resmi membuka acara praktek manasik haji massal bagi calon jemaah haji Kabupaten Demak Tahun 2019 di Stadion Pancasila Kabupaten Demak, Rabu (10/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto secara resmi membuka acara praktek manasik haji massal bagi calon jemaah haji Kabupaten Demak Tahun 2019 di Stadion Pancasila Kabupaten Demak, Rabu (10/7/2019).

Dihadapan 1.259 Calon Jemaah Haji Kabupaten Demak, Joko menyampaikan harapan dan keinginannya bahwa seluruh calon jemaah haji untuk nantinya menjaga kekompakan, saling tolong menolong, menjaga nama baik Kabupaten Demak dan mendoakan Kabupaten Demak semakin lebih baik.

“Jadikan manasik haji ini sebagai sarana memupuk rasa persaudaraan, kekompakan, dan kebersamaan di antara sesama jamaah dari Kabupaten Demak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Joko menghimbau kepada seluruh calon jemaah haji agar dengan sungguh-sunguh mengikuti manasik haji sehingga tujuan manasik haji yang dilaksanakan dapat bermanfaat dan membantu calon haji dalam mencapai haji yang mabrur nantinya.

“Potret haji mabrur tidak hanya dinilai saat proses ibadah haji berlangsung, tapi juga sejak persiapan termasuk bekal yang halal hingga amalan setelah ibadah haji berakhir,” jelasnya.

Joko mengatakan manasik haji ini adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji, sesuai dengan rukun-rukunnya.

Dalam kegiatan manasik haji tersebut, calon jamaah haji dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

“Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya, dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci Mekkah.

Serta akan dibekali ilmu pelajaran budaya, bahasa dan kondisi alam di Arab Saudi," imbuhnya.

Sementara Plt Kepala Kemenag Kabupaten Demak, Muhaimin mengatakan, tahun 2019 mengalami penurunan jumlah jamaah haji dibandingkan dengan tahun lalu.

Ia menjelaskan, tahun 2018 sebanyak 1.710 jamaah haji, sedangkan tahun 2019 ini semula yang mendaftar sebanyak 1.262.

Namun saat ini yang berangkat sebanyak 1.259 calon haji, dengan keterangan 1 mundur, 1 wafat dan 1 tidak istita’ah.

Lanjutnya, calon jemaah haji Kabupaten Demak tahun 2019 ini terbagi dalam kloter yang akan diberangkatkan pada akhir bulan ini.

“Kloter 77 sejumlah 34 orang berangkat tanggal 28 Juli, kloter 78 sejumlah 352 orang dan kloter 79 sejumlah 351 berangkat 29 Juli, kloter 80 sejumlah 352 orang dan kloter 81 sejumlah 160 orang berangkat tanggal 30 Juli 2019,” pungkasnya. (Tribunjateng/Moch Saifudin)

Penulis: Moch Saifudin
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved