Kendarai Becak Kapolres Salatiga Antar Belasan Anggota Polri Pensiun

I Nyoman Suasma mantan Kasubbag Humas Polres Salatiga tersebut mengaku tidak akan pernah melupakan momen itu karena sangat memberikan kesan mendalam

Kendarai Becak Kapolres Salatiga Antar Belasan Anggota Polri Pensiun
Tribunjateng.com/M Nafiul Haris
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono saat mengayuh becak pada pelepasan anggota polri menuju Polsek Tingkir, Rabu (10/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Kompol I Nyoman Suasma satu diantara belasan anggota polri Polres Salatiga yang secara resmi pensiun tidak bisa menyembunyikan rasa haru serta bangga dimasa pensiun dilepas dengan upacara meriah di Lapangan Sukosari, Cebongan, Kecamatan Argomulyo, Rabu (10/7/2019) pagi.

Ia merasa pengabdiannya sekira hampir 38 tahun lamanya sebagai anggota polri terbayar lunas. Apalagi pagi itu dengan arak-arakan kesenian reog dan dihadiri ratusan personil yang masih dinas becak yang dia kendarai dikayuh langsung Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menuju Polsek Tingkir.

I Nyoman Suasma mantan Kasubbag Humas Polres Salatiga tersebut mengaku tidak akan pernah melupakan momen itu karena sangat memberikan kesan mendalam.

"Ini beda ya dari umumnya pelepasan anggota pensiun. Terus terang saya terharu, sebagai senior merasa sangat dihargai. Terimakasih untuk para anggota yang telah menyiapkan acara sedemikian rupa khususnya kepada bapak kapolres," terangnya kepada Tribunjateng.com, di Polsek Tingkir, Rabu (10/7/2019)

Meski telah pensiun menjadi anggota polri Nyoman Suasma bertekad terus mengabdikan diri khususnya dalam payung organisasi purnawirawan polri. Dia berharap tradisi pelepasan anggota pensiun dapat dilanjutkan dengan beragam acara menarik.

Sebagai orang tua dan selaku senior pelepasan penuh kemeriahan ditambah melibatkan masyarakat seperti tukang becak dan kelompok kesenian membuatnya haru.

"Saya tadi hampir meneteskan air mata. Apalagi yang mengkayuh becak Pak Kapolres. Saya tidak mengira, kami yang sudah pensiun ini merasa terharu dan dihargai," katanya

Terpisah Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengungkapkan selain pelepasan anggota pensiun bertepatan upacara HUT Bhayangkara ke 73 juga disampaikan penghargaan kepada anggota berprestasi.

"Pada kesempatan ini kami juga memberikan penghargaan khusus kepada anggota berprestasi tingkat Polda Jateng. Satu mereka mendirikan pesantren, kedua atas ungkap kasus senjata api ilegal," ujarnya

AKBP Gatot menambahkan, total anggota yang pensiun berjumlah 19 orang. Mereka kata dia telah pensiun dari tahun 2018 tetapi belum dilakukan upacara seremonial pelepasan.

Sedang ide melepas anggota dengan mengendarai becak tidak lain upaya mendekatkan polri kepada masyarakat serta menampilkan kesan berbeda dengan suasana merakyat.

Ketua Paguyuban Becak Kota Salatiga Jumadi menerangkan sebagai kalangan masyarakat bawah merasa senang turut dilibatkan berpartisipasi dalam acara resmi kedinasan.

Pada kesempatan tersebut sebanyak 60 tukang becak secara khusus diminta mengantar belasan anggota polri. Dengan adanya acara itu juga menambah penghasilan masing-masing.

"Tapi yang penting itu bukan soal uangnya. Kami dilibatkan begini saja sudah senang. Ada perasaan bangga mengantar polri pensiun," jelasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved