Pemerintah Kenalkan Aplikasi Petani Go Online, Ini Manfaatnya

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) berupaya mempercepat adopsi teknologi digital

Pemerintah Kenalkan Aplikasi Petani Go Online, Ini Manfaatnya
IST
sosialisasi dan pelatihan aplikasi petani Go Online kepada penyuluh pertanian di Purbalingga (ist) 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) berupaya mempercepat adopsi teknologi digital dalam sektor strategis pertanian di Purbalingga.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Agus Winarno menyampaikan, pengembang aplikasi pertanian yang yang disebut Petani Go Online ini merupakan salah satu terobosan yang strategis dan tepat untuk mewujudkan visi misi pemerintah di era digital saat ini.

“Melalui solusi cerdas yang inovatif dari Kemenkominfo RI ini, dengan program petani go online untuk mendorong pemanfaatan teknologi , tantangan pembangunan pertanian di Purbalingga dapat diminimalisir,” katanya saat sosialisasi aplikasi petani Go Online kepada para Penyuluh Pertanian di Purbalingga, Rabu (10/7) di OR Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo.

Program Petani Go Online ini diharapkan mampu mendekatkan pasar secara lebih dekat dan cepat kepada petani dengan bantuan teknologi digital.

Ia menjelaskan, ada beberapa fasilitas yang didapatkan petani melalui program ini.

Di antaranya, marketplace pertanian nasional yang meniscayakan petani memiliki akses langsung kepada pembeli, penyuluh pertanian berbasis online, serta Informasi pengendalian stok nasional untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok.

Aplikasi petani go online ini akan mempermudah kinerja petani dalam pendataan dan informasi tentang pertanian.

Sehingga semakin mempermudah dalam pemasaran hasil pertanian.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pertanian ini juga diharapkan mampu meningkatkan minat kaum muda menjadi petani.

Implementasi dari pemanfaatan aplikasi ini pada akhirnya diharapkan bisa memberi manfaat riil bagi para petani.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved