Polres Cilacap Luncurkan Aplikasi Sergap, Bantu Warga Saat Keadaan Darurat, Begini Cara Pakainya

Bertepatan puncak peringatan HUT ke-73 Bhayangkara, Polres Cilacap bersama Pemkab Cilacap melaunching aplikasi Sergap, Rabu (10/7/2019).

Polres Cilacap Luncurkan Aplikasi Sergap, Bantu Warga Saat Keadaan Darurat, Begini Cara Pakainya
TRIBUN JATENG/PERMATA PUTRA SEJATI
Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto memperkenalkan aplikasi Sergap dalam puncak peringatan HUT ke 73 Bhayangkara di Lapangan Krida Nusantara Cilacap, Rabu (10/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Bertepatan puncak peringatan HUT ke-73 Bhayangkara, Polres Cilacap bersama Pemkab Cilacap melaunching aplikasi Sistem Emergency Gabungan Cilacap (Sergap), Rabu (10/7/2019). 

Aplikasi tersebut adalah terobosan yang mampu membantu masyarakat dalam keadaan darurat.

Aplikasi Sergap dapat diunduh dari ponsel berbasis Android.

Bertempat di Lapangan Krida Nusantara Cilacap, Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto mengatakan, itu sebagai bentuk bakti Polri dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

"Aplikasi Sergap berfungsi memberikan upaya bantuan kepada masyarakat yang sifatnya darurat sebagai contoh kejadian kecelakaan lalu lintas maupun kebakaran," ujar Kapolres kepada Tribunjateng.com.

Aplikasi tersebut juga dapat memberi bantuan jika ada gangguan kamtibmas lainnya seperti perkelahian, pencurian atau hal lain yang membutuhkan kehadiran Polri atau instansi terkait.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Cilacap, AKP Akhmad Nur Ari selaku kordinator program Sergap mengatakan, masyarakat cukup sekali tekan jika ingin terhubung dengan operator Polres Cilacap.

"Laporan tersebut akan diteruskan ke dinas instansi terkait. Jika laporan tersebut berupa kecelakaan lalu lintas, kriminalitas atau gangguan kamtimbas, akan diteruskan ke petugas piket fungsi di Polres atau Polsek setempat," ungkapnya.

"Bisa juga diteruskan ke dinas lain seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Pekerjaan Umum, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, maupun lainnya," tambahnya.

Caranya mudah, masyarakat cukup unduh aplikasi di Google Play Store

Kemudian pilih opsi-opsi untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan aplikasi melaporkan kejadian kepada operator.

Polres Cilacap melibatkan piket fungsi Polres dan Polsek jajaran dan operator tetap yang bertugas menerima laporan serta pengaduan masyarakat.

Sedangkan dinas instansi lain selalu siap melalui call center atau nomor telpon lain yang mudah dihubungi operator jika ada laporan masyarakat.   

Aplikasi tersebut bertujuan memberikan kemudahan setiap kali ada kejadian di lingkungan masyarakat yang bersifat laporan terpadu. (Permata Putra Sejati)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved