Warga Karangmlati Demak Gelar Nyengker Sebagai Bentuk Syukur Nikmat

Warga desa Karangmlati, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak menggelar acara apitan atau sedekah bumi yang bermaksud wujud bentuk rasa syukur

Warga Karangmlati Demak Gelar Nyengker Sebagai Bentuk Syukur Nikmat
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Kapolres Demak hadiri acara sedekah bumi desa Karangmlati dan peringat hut ke 73 bhayangkara, Rabu (10/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Warga desa Karangmlati, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak menggelar acara apitan atau sedekah bumi yang bermaksud wujud bentuk rasa syukur yang telah diberikan Allah.

Adapun kegiatan tersebut juga terdapat prosesi adat Nyengker, dalam praktiknya sejumlah warga membawa hasil tanam dan mengitari rumah sebanyak tiga kali.

"Dalam prosesi nyengker tersebut, kami menunjukkan bahwa Desa Krangmlati mensyukuri bentuk nikmat yang telah diberikan Allah," terang Kepala Desa, Agus M Kartono, Rabu (10/7/2019).

Kepala desa yang sebagai pemimpin prosesi nyengker, sekaligus tuan rumah acara tersebut menjelaskan, prosesi nyengker tersebut diharapkan bisa menjauhkan dari segala balak. Baik itu penyakit, serangan hama, dan lainnya.

Adapun kegiatan apitan tersebut sudah berjalan sejak zaman para wali. Pelaksaannya di bulan apit penggalan Jawa. Tujuannya tidak lain mengharap selamat dari Allah, dari segala cobaanNya.

"Kami berharap dengan kegiatan tersebut, Desa Karangmlati menjadi Desa yang makmur dan bijaksana," jelasnya.

Kepala Desa Karangmlati memipin prosesi Nyengker dengan membawa cawan yang berisi bunga dan bekatul, mengawali langkah untuk mengitari rumah sebanyak tiga kali.

Sementara warga yang berbaris di belakangnya, membawa hasil tanam berupa singkong, tebu, padi, kelapa muda, melon, semangka, sayuran, kendil berisi air, kentongan bambu, dan diiringi tabuhan musik dari pemain musik wayang.

Acara yang dikemas dengan tanggapan wayang tersebut, juga merupakan bentuk apresiasi Hari Bhayangkara ke - 73.

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtir yang hadir sebagai pemotong tumpeng dalam acara tersebut merasa terhormat, bagi Polri dan khususnya Polres Demak.

Halaman
12
Penulis: Moch Saifudin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved