1.006 Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten Tegal Siap Berangkat, Berikut Jadwal Menuju Tanah Suci

Bupati Tegal Umi Azizah melepas keberangkatan 1.006 calon jamaah haji Tahun 1440 H/2019 M asal Kabupaten Tegal yang terbagi dalam empat kloter.

1.006 Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten Tegal Siap Berangkat, Berikut Jadwal Menuju Tanah Suci
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Bupati Tegal Umi Azizah dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal Sukarno menyalami para calon jamaah haji dalam acara pelepasan di pendopo amangkurat Pemkab Tegal, Rabu (10/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah melepas keberangkatan 1.006 calon jamaah haji Tahun 1440 H/2019 M asal Kabupaten Tegal yang terbagi dalam empat kloter.

Dalam pelepasan ini, Umi mengingatkan calon jamaah haji untuk menjaga kondisi masing-masing saat di Tanah Suci, mengingat ibadah haji perlu memerlukan energi serta kesehatan yang sangat baik.

"Ibadah haji memerlukan fisik dan mental. Artinya, perlu kesiapan fisik yang baik terutama pada saat prosesi thawaf, sai, dan melontar jumrah," pesan Umi saat memberi sambutan kepada calon jamaah haji di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Rabu (10/7/2019).

Umi menambahkan, selain mempersiapkan fisik dan mental, calon jamaah haji juga harus dalam keadaan bersih dan suci, terlepas dari segala beban duniawi yang memberatkan pikiran.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin, melindungi keluarga yang ditinggalkan. Sekembalinya ke Tanah Air membawa predikat haji mabrur. Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik," imbuh Umi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal, Sukarno menyampaikan, awalnya total jamaah yang akan berangkat tahun ini yakni sebanyak 1.032 orang.

Namun, kata dia, yang dipastikan berangkat hanya 1.006 orang.

"Dikarenakan faktor kesehatan, ada juga yang meninggal dunia. Untuk yang belum bisa berangkat, mungkin akan diikutsertakan pada tahun berikutnya," jelasnya.

Terkait usia calon jamaah haji, Sukarno mengemukakan, terdapat calon jamaah haji tertua yakni Kadar Saad Jen.

Kadar yang berasal dari Desa Sokatengah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal itu menginjak usia ke 93 tahun.

Sementara untuk calon jamaah haji termuda diduduki oleh pemuda asal Mejasem Barat, Kecamatan Kramat, Panghegar Sabiq Bil Khoirot Muhammad berusia 19 tahun.

Ditanya soal keberangkatan, Sukarno menjelaskan, empat kloter akan diberangkatkan secara bertahap.

"Mulai dari Kloter 46 dan Kloter 47 pada 19 Juli 2019. Dilanjutkan Kloter 48 dan Kloter 49 pada 20 Juli 2019. Semua akan menuju ke Asrama Haji Donohudan Boyolali dan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 21 Juli 2019," tutur Sukarno. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved