453 PKL Mpu Tantular Direlokasi ke Blok C Kanjengan, Dinas Perdagangan Batasi Hingga Akhir Juli 2019

Sebanyak 453 pedagang kaki lima (PKL) yang menempati sepanjang Jalan Mpu Tantular direlokasi ke Blok C Kanjengan

453 PKL Mpu Tantular Direlokasi ke Blok C Kanjengan, Dinas Perdagangan Batasi Hingga Akhir Juli 2019
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Para PKL Mpu tantulatar mengecek lokasi blok C Kanjengan yang akan menjadi tempat relokasi, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 453 pedagang kaki lima (PKL) yang menempati sepanjang Jalan Mpu Tantular direlokasi ke Blok C Kanjengan. Relokasi ini dilakukan dalam rangka penataan Kawasan Kota Lama.

Mereka diberi batas waktu hingga akhir Juli 2019 untuk pindah ke tempat relokasi.

Koordinator PKL Mpu Tantular, Kadar Mardianto mengatakan, seluruh PKL bersedia untuk pindah ke blok C Kanjengan. Pihaknya menyadari bahwa tanah tersebut merupakan tanah negara yang akan ditata guna mempercantik kawasan Kota Lama.

"Walaupun dalan hati kecil keberatan karena kami sudah 40 tahun menempati tempat tersebut, tapi mau tidak mau kami mengikuti aturan pemerintah," tutur Kadar, Kamis (11/7/2019).

Meski Kadar dan 452 pedagang lainnya masih berat hati meninggalkan lokasi tersebut, mereka tidak mempermasalahkan pemindahan ini. Pasalnya, pemerintah telah memberikan perhatian kepada mereka dengan menyediakan tempat baru. Mereka masih tetap bisa mengais rezeki untuk menghidupi keluarga.

Terkait pemindahan, para pedagang tidak dapat serta merta pindah dalam sekejap. PKL Mpu Tantular berdagang berbagai jenis barang seperti konveksi, makanan, sayur, buah, sepatu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mereka perlu penyempurnaan lapak untuk menyimpan barang dagangannya.

"Kami terimakasih sudah dikasih lahan tidak jauh dari tempat semula dan sudah dibangunkan shelter yang memenuhi anggota kami. Untuk penyempurnaan lapak nanti akan kami lakukan swadaya," ucapnya.

Kabid Penataan dan Penetapan Dinas Perdagangan Kota Semarang, Sumartinah mengatakan, tenggang waktu pedagang untuk proses penyempurnaan lapak dan pemindahan barang dagangannya hingga akhir Juli 2019. Pihaknya menyiapkan 671 lapak dan berberapa tambahan fasilitas seperti toilet, musala, dan drainase.

"Alhamdulillah semua pedagang bisa menerima diadakannya relokasi untuk penataan wilayah Kota Lama. Kami minta akhir Juli ini pedagang di MpubTantular harus sudah masuk ke blok C kanjengan," tuturnya.

Adapun luasan lapak, Sumartinah memberikan ukuran sama seperti lapak yamg berada di Jalan Mpu Tantular yaitu 2x2 meter. Pihaknya akan bekerjasama dengan ketua paguyuban agar adil dalam pembagiannya. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved