7.412 Rumah Tangga Miskin di Batang Dapat Bantuan Ayam Kampung Unggul

Ayam tersebut dilengkapi dengan bantuan kandang, pakan, vaksin dan obat, serta pendamping dari desa, tim teknis dan petugas dinas setempat

7.412 Rumah Tangga Miskin di Batang Dapat Bantuan Ayam Kampung Unggul
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Sosialisasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis (11/7/2019) 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) menyalurkan bantuan hewan ternak, tanaman perkebunan dan hoktikultura pada 42 Kabupaten di Indonesia.

Dari 42 Kabupaten yang mendapat bantuan tersebut satu diantaranya Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Soegiatmo, mengatakan sasaran penerima bantuan yaitu Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan jumlah 7.412 RTM yang tersebar di dua Kecamatan.

"Program ini juga mendesiminasikan inovasi bibit unggul ayam kampung serta menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Batang, sasarannya rumah tangga miskin dengan jumlah 7.412 yangbtersebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bawang dan Reban," tutur Soegiatmo saat Sosialisasi Program Bedah Bekerja di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis (11/7/2019).

Dikatakannya bentuk bantuan yang diberikan berupa hewan ternak berupa ayam kampung unggul berumur 0-4 minggu sebanyak 50 ekor per kepala keluarga.

Ayam tersebut dilengkapi dengan bantuan kandang, pakan, vaksin dan obat, serta pendamping dari desa, tim teknis dan petugas dinas setempat.

"Yang diberikan ini adalah ayam kampung unggul dan masing Masing mendapatkan 50 ekor, sehingga di Kabupaten Batang mendapat 370.600 ekor," ujarnya.

Koordinator Badan Litbang Pertanian Kabupaten Batang, Mulyana Hadi Pranata mengatakan distribusi bantuan akan dilakukan secara bertahap dan dengan treatmen khusus sehingga ayam tetap dalam kondisi baik saat diberikan.

"Kita lakukan verifokasi data terlebih dahulu, kemudian distribusi secara bertahap dari pakannya dulu yang akan didistribusikan pada 5 Agustus mendatang," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan pendampingan langsung kepada penerima bantuan.

"Tentu pendampingan kita lakukan, dan yang diterjunkan untuk melakukn pendampingan sudah dilatih pada bimtel, serta beberapa unsur masyarakat desa, penyuluh dinas, Tksk dan PKH," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved