Cegah Korban Jiwa Akibat Terlempar dari Tempat Duduk, Laksana Bus Perkenalkan Desain Baru

Meminimalis korban jiwa akibat terjadinya kecelakaan bus, Laksana Bus memperkenalkan uji standar UN ECE-R80, Kamis (11/7/2019).

Cegah Korban Jiwa Akibat Terlempar dari Tempat Duduk, Laksana Bus Perkenalkan Desain Baru
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
Laksana Bus memperkenalkan UN ECE-R80 yang dijanjikan membuat para penumpang tidak terlempar dari tempat duduk ketika bus mengalami kecelakaan atau benturan. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Meminimalis korban jiwa akibat terjadinya kecelakaan bus, Laksana Bus memperkenalkan uji standar UN ECE-R80, Kamis (11/7/2019).

UN ECE-R80 ini dijanjikan membuat para penumpang tidak terlempar dari tempat duduk ketika bus mengalami kecelakaan atau benturan.

Standar tersebut merupakan komitmen keamanan berkelanjutan dari Laksana dalam menerapkan standar keamanan tingkat dunia.

Adapun yang menjadi fokus laksana kali ini ialah desain kekuatan kursi dan kekuatan dari kursi tersebut setelah terpasang pada struktur bus.

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman saat di Kantor Laksana Bus pada Kamis (11/7/2019) siang, gagasan tersebut muncul setelah dilakukan penyelidikan pada kecelakaan bus di Cisarua Puncak Bogor 21 Agustus 2013 dan Cikidang Sukabumi 8 September 2018.

Sumur di Kawasan Kota Lama Semarang, Tak Pernah Kering saat Musim Kemarau dan Selalu Jernih

Saat terjadi kecelakaan, kursi penumpang hampir selalu terlepas.

Akibat terlepasnya kursi, 20 orang meninggal dunia dan 34 orang luka-luka di Cisarua dan 21 orang meninggal dunia berikut 17 orang luka-luka di Cikidang.

"Tahun lalu kami sudah melakukan uji guling untuk menguji struktur bus secara keseluruhan, kali ini desain kekuatan kursi dan bagaimana kursi itu menempel di rangka bus," ujarnya.

Stefan menambahkan, uji standar kali ini merupakan tindak lanjut atas masukan dari Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) dikarenakan kursi terlepas dari lantai bus.

Kursi yang dimaksud baik berupa dudukan sofa maupun rangka kursi dari lantai bus.

Halaman
123
Penulis: amanda rizqyana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved