Gunakan Dana Desa, Bupati Sragen Canangkan Kampung KB di Desa Jurangjero

Yuni menyampaikan upaya perluasan cakupan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di seluruh tingkatan

Gunakan Dana Desa, Bupati Sragen Canangkan Kampung KB di Desa Jurangjero
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Forkopimda dan perangkat Desa Jurangjero memotong pita tanda pencanangan kampung KB 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mencanangan Kampung KB di Dukuh Jurangjero Kidul, RT 18 Desa Jurangjero, Kecamatan Karangmalang, Kamis (11/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Yuni menyampaikan upaya perluasan cakupan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di seluruh tingkatan wilayah.

"Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam rangka realisasi pelaksanaan program-program KKBPK secara utuh dan terintegrasi antar bidang Dinas PPKBPPPA ataupun lintas sektoral di lini lapangan," ujar Yuni.

Menurutnya, di Sragen telah terbentuk 42 Kampung KB baik dengan anggaran Pusat maupun Provinsi.

Pada 2019 ada pencanangan satu kampung KB di Dukuh Kalidoro, Kedawung, Mondokan, Sragen dengan anggaran dari DP3AKB provinsi.

"Sementara Desa Jurangjero mencanangkan kampung KB dengan anggaran desa."

"Hal itu menunjukkan adanya kesungguhan dari seluruh masyarakat Desa Jurangjero akan pentingnya peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga," ujar Yuni.

Pencanangan kampung KB memerlukan beberapa hal di antaranya terbangunnya koordinasi stakeholder di desa, sosialisasi dan pendataan, tokoh penggerak di masyarakat sebagai fasilitator dan penetapan fasilitator.

"Untuk pemberian kapasitas kepada fasilitator ini merupakan tugas bersama masyarakat karena kegiatan awal setelah pencanangan kampung KB adalah pemberdayaan masyarakat," lanjut Yuni.

Pada kesempatan itu, Yuni mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kesepahaman dan rasa memiliki kampung KB, sehingga melahirkan komitmen para pelaku stakeholder di masyarakat.

"Semoga kampung KB ini bisa menjadi motor bagi kampung-kampung sekitarnya untuk menyukseskan program KKBPK," harap Yuni.

Kampung KB sendiri merupakan program pemerintah di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mendapat mandat untuk mewujudkan Agenda Prioritas Pembangunan (Nawacita) Pemerintahan.

Pembangunan prioritas ini beruapa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana. (Mahfira Putri Maulani)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved