Ini Tanggapan Mahfud MD Jika Rizieq Shihab Dipulangkan ke Indonesia

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menanggapi kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Ini Tanggapan Mahfud MD Jika Rizieq Shihab Dipulangkan ke Indonesia
kolase/Tribunjateng
Mahfud MD Ungkap Kepribadian Rizieq Shihab 

TRIBUNJATENG.COM- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menanggapi kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Diketahui, Prabowo Subianto mau melakukan rekonsiliasi asalkan sejumlah tokoh yang terjerat kasus hukum dibebaskan termasuk Rizieq Shihab.

"Ya keseluruhan (pemulangan Rizieq Shihab), bukan hanya itu. Tapi keseluruhan bukan hanya itu. Kemarin kan banyak ditahan ratusan orang. Lagi diproses-proses. Ya segala macamlah ya," ujar Muzani selaku sekjen Gerindra saat ditemui kompas.com di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Menurut Ahmad Muzani, pertemuan antara Prabowo dan Jokowi sebagai langkah awal rekonsiliasi juga harus dilihat sebagai proses islah atau perdamaian.

Lebih lanjut Ahmad Muzani menjelaskan, proses islah ini tidak dapat terjadi jika masih terdapat dendam di tengah masyarakat.

Ia juga berharap, pihak pemenang Pilpres 2019 untuk tidak merasa menjadi penguasa yang bisa bertindak apa saja.

"Islah yang sekarang harus dilakukan itu harus meniadakan dendam, harus meniadakan bahwa saya pemenang dan kamu yang kalah. Saya penguasa, kamu yang dikuasai. Saya yang benar kamu yang salah sehingga islah itu tidak akan terjadi kalau dendam yang seperti itu masih terjadi," kata Ahmad Muzani.
Rekonsiliasi tidak mungkin terjadi kalau kemudian suasana dan pikiran itu juga terjadi. Suasana itu harus diredakan, harus dikendurkan, sehingga islah itu menjadi sesuatu yang kuat," ucapnya.

Sementara itu, saat ditemui Kompas.com, Mahfud MD memberikan tangggapan soal pemulangan Rizieq Shihab.

Mahfud MD menyebutkan, Rizieq boleh-boleh saja kembali ke Tanah Air.

Mahfud bahkan menilai Rizieq harus dipulangkan.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Ardianti Woro Seto
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved