Minimalisir Penyimpangan Bantuan Program Bekerja, Sekda Nasikhin: Semua Harus Berdasar Data Lapangan

Melalui program tersebut diharapkan dapat membantu menurunkan angka kemiskinan daerah setempat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Minimalisir Penyimpangan Bantuan Program Bekerja, Sekda Nasikhin: Semua Harus Berdasar Data Lapangan
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Sekda Nasikhin saat memberikan sambutan saat Sosialisasi Program Bekerja di Aula Kantor Bupati, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kabupaten Batang, Jawa Tengah menjadi satu di antara 42 Kabupaten di Indonesia yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

Bantuan yang diberikan berupa hewan ternak, tanaman perkebunan dan hortikultura kepada masyarakat kurang mampu.

Melalui program tersebut diharapkan dapat membantu menurunkan angka kemiskinan daerah setempat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di Kabupaten Batang sendiri terdapat 7.412 Rumah Tangga Miskin yang akan mendapatkan bantuan.

Sekretaris Daerah (Sekda), Nasikhin bersyukur masyarakatnya mendapatkan bantuan melalui Program Bekerja, terlebih penerima bantuan yang terdapat di dua Kecamatan cukup besar yakni mencapai 7.412 RTM.

"Ini merupakan kegiatan baru yang melibatkan masyarakat awam perlu dan penting melakukan sosialisasi serta pendampingan sehingga bisa meminimalisir penyimpangan," tutur Sekda Nasikhin saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Program Bekerja di Aula Kantor Bupati, Kamis (11/7/2019).

Nasikhin mengatakan penerima bantuan harus tepat sasaran dan melalui pendataan lapangan.

"Agar tepat sasaran, semua data harus berbasis kepada data Kemensos, serta akumulasi data di lapangan hrus benar benar," ujarnya.

Dikatakannya juga untuk mensukseskan program tersebut diperlukan komitmen bersama semua stakeholder yang akan menurunkan kemiskinan.

"Koordinasi dan sinkronisasi antar stakeholder di antaranya Dispaperta, Balailitbang, dan Dislutkanak, dan OPD lainnya harus bersinergi sehingga program itu dapat berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Batang," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved