OPD Pemkot Pekalongan Diminta Respon Cepat Keluhan Masyarakat, Dukung Penilaian KIP Jateng

Tidak sekadar open data, tiap OPD juga harus cepat memberikan tanggapan atas keluhan masyarakat, agar terwujud keterbukaan publik yang bersinergi.

OPD Pemkot Pekalongan Diminta Respon Cepat Keluhan Masyarakat, Dukung Penilaian KIP Jateng
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Monitoring dan evaluasi sekretaris dan tenaga admin OPD jajaran Pemkot Pekalongan, di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemkot Pekalongan tekankan tiap OPD untuk cepat merespon keluhan masyarakat.

Hal tersebut untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, serta penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pekalongan, Iskandar menjelaskan, peningkatan KIP perlu dukungan dari semua OPD.

“Tidak sekadar open data, tiap OPD juga harus cepat memberikan tanggapan atas keluhan masyarakat, agar terwujud keterbukaan publik yang bersinergi,” paparnya, Kamis (11/7/2019).

Dilanjutkannya, sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pemerintah wajib berkomitmen memberikan pelayanan secara transparan.

“Tahun ini akan ada penilaian KIP dari Pemprov Jateng. Yang dinilai adalah pengelolaan informasi serta dokumentasi informasi publik sebagai jaminan hak masyarakat memperoleh informasi publik," imbuhnya.

Ditambahkannya, seluruh OPD sebisa mungkin mendukung capaian pemerintah dalam penilaian.

“Untuk itu seluruh OPD harus meningkatkan pelayanan, agar memperoleh nilai baik guna mewujudkan pemerintahan yang terbuka,” tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved