Gerakan Pungut Sampah Awali Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Tahun Ini Salatiga Jadi Tuan Rumah

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019 bakal terpusat di Kota Salatiga.

Gerakan Pungut Sampah Awali Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Tahun Ini Salatiga Jadi Tuan Rumah
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Aktivitas warga mengikuti gerakan pungut sampah di sekitar Pasar Raya II Kota Salatiga, Jumat (12/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019 bakal terpusat di Kota Salatiga.

Untuk menyambutnya, Pemkot Salatiga mengawalinya melalui gerakan pungut sampah bersama ratusan masyarakat berbagai lapisan, di Pasar Raya II Salatiga, Jumat (12/7/2019).

Sekda Kota Salatiga Fakruroji mengatakan, acara bersih lingkungan dengan aksi yang dinamai gerakan pungut sampah tersebut merupakan kegiatan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Seduni 2019 Tingkat Jawa Tengah.

“Tahun ini Kota Salatiga menjadi tuan rumah. Sebagai acara awal kami melakukan gerakan pungut sampah pada beberapa lokasi,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Pasar Raya II Salatiga, Jumat (12/7/2019).

Fakruroji menyampaikan, total masyarakat yang turut berpartisipasi sekitar 500 orang terdiri dari mahasiswa, PNS, TNI, POLRI, swasta, anggota lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta masyarakat umum.

Ia menerangkan, acara peduli lingkungan tersebut ditujukan sebagai pendahulu kegiatan puncak peringatan pada akhir Juli 2019.

“Kami berharap masyarakat semakin memperhatikan isu lingkungan hidup. Mereka bersedia mengubah perilaku individu menjadi lebih peduli lingkungan serta menjaganya agar tetap bersih, hijau dan lestari,” katanya.

Pada peringatan hari lingkungan hidup tahun ini lanjutnya, mengusung tema “Beat Air Pollution” atau dapat diperluas menjadi “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dengan harapan pengendalian polusi udara menjadi perhatian khusus.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Tengah, Teguh Dwi Paryono menambahkan, Kota Salatiga dipilih karena dipandang mempunyai perhatian yang baik dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Kota Salatiga mempunyai hutan kota dan taman kota yang tentu saja memberikan andil dalam upaya mengurangan polusi. Selain di Pasar Raya II Salatiga, kami juga gelar di Pasar Projo Ambarawa, Kabupaten Semarang,” jelasnya.

Pada kesempatan itu turut diserahkan bantuan berupa tempat sampah, tas belanja, dan plastik ramah lingkungan kepada masyarakat sekitar. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved