Harkopnas 2019 : Benarkah Raden Aria Wirjaatmadja Perintis Koperasi Pertama?

Bumi Penginyongan telah melahirkan sosok perintis pergerakan sosial ekonomi di Indonesia, yaitu Raden Arya Wirjaatmadja.

Harkopnas 2019 : Benarkah Raden Aria Wirjaatmadja Perintis Koperasi Pertama?
TRIBUN JATENG/PERMATA PUTRA SEJATI
Acara diskusi Seminar dalam rangka Hari Koperasi Nasional dengan tajuk 'Raden Aria Wirjaatmadja Perintis Koperasi Perdana' yang diselenggarakan di Hall IAIN Purwokerto. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Bumi Penginyongan telah melahirkan sosok perintis pergerakan sosial ekonomi di Indonesia, yaitu Raden Arya Wirjaatmadja.

Tokoh pemikir sekaligus birokrat profesional yang memilki empati pada sekitar.

Tinta emas telah menuliskan namanya sebagai seorang tokoh dibalik berdirinya salah satu bank pertama di Indonesia, yaitu Bank Perkreditan Rakyat (BRI).

Masih banyak yang belum mengetahui kisah perjuangannya dalam membangun pondasi sistem ekonomi di Indonesia.

Sejarah menyebutkan, pada 16 Desember 1895 menjadi momentum berdirinya de Poewokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hofden (Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto) yang kini dikenal dengan BRI.

Namun, pertanyaan yang sempat terlintas adalah apa yang dilakukan RA Wirjaatmadja sebelum mendirikan BRI pada 16 Desember 1895 tersebut?

Beberapa kalangan perkoperasian memandang jika sekira dua tahun sebelum ada bank BRI, Wirjaatmadja terlebih dahulu merintis sebuah model gerakan ekonomi kerakyatan di Indonesia yang lebih mirip dengan koperasi.

Salah satu pertanyaan itu muncul dalam acara diskusi Seminar dalam rangka Hari Koperasi Nasional dengan tajuk 'Raden Aria Wirjaatmadja Perintis Koperasi Perdana' yang diselenggarakan di Hall IAIN Purwokerto, pada Kamis (11/7/2019) lalu.

Pemateri, yang juga merupakan peneliti dan penulis buku Raden Aria Wirjaatmadja: Perintis Koperasi Pribumi, Iip D Yahya (48) mengungkapkan keyakinannya bahwa RA Wirjaatmadja adalah sosok penting pergerakan ekonomi khususnya koperasi di Indonesia.

Iip D Yahya mengungkapkan jika RA Wirjaatmadja adalah sosok berperawakan kecil dengan semangat hidup yang besar.

Halaman
1234
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved