Musim Kemarau Berdampak Terhadap Petani Cabai di Karanganyar, Produksi Tidak Maksimal

Memasuki musim kemarau tahun 2019 ini, berimbas terhadap hasil produksi petani cabai di Desa Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.

Musim Kemarau Berdampak Terhadap Petani Cabai di Karanganyar, Produksi Tidak Maksimal
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Samidi (52), penggarap lahan saat memperlihatkan kondisi cabai kering. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Memasuki musim kemarau tahun 2019 ini, berimbas terhadap hasil produksi petani cabai di Desa Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.

Dari pantauan Tribunjateng.com di lahan seluas 3.200 meter persegi milik petani sekaligus Kades Dagen, Andy Purnomo yang berada di Desa Jaten.

Memasuki masa panen, beberapa tanaman cabai jenis beauty miliknya tampak kering dan layu.

"Tidak tahu tiba-tiba alum ( tanaman layu) dan kering. Keringnya itu tidak sampai seminggu. Dua tiga hari sudah kering," kata Andy saat ditemui di lahannya Jumat (12/7/2019).

Andy menyampaikan, untuk mengantisipasi tanaman layu dan keringan, dua pekerjanya menyirami tanaman setiap dua hari sekali. Menurutnya, tanaman layu dan kering itu disebabkan beberapa faktor, di antarnya musim kemarau, serangan hama dan pengolahan lahan.

Ia mengaku, hal tersebut berimbas terhadap hasil produksi cabai miliknya. "Panen tidak maksimal, mengurangi produksi. Seharusnya bisa memetik beberapa kilo, jadi berkurang," terangnya.

Dalam sekali panen, rata-rata Andy mendapatkan sekitar 1 kuintal. Akan tetapi dengan menurunnya produksi jadi berkurang sekitar 30 persen.

Andy mengungkapkan, dalam masa tanam hingga panen ia menghabiskan modal sekitar Rp 35 juta.
Ia mengaku sempat mengalami gagal panen cabai pada tahun lalu.

Adapun untuk mengakali turunnya hasil panen, Andy biasa menjual cabai layak jual ke pedagang pasar. "Mengakalinya jual ke pedagang pasar, tidak ke tengkulak atau pengepul. Rata-rata dijual sekitar Rp 45 ribu- Rp 47 ribu per kilo. Terakhir menjual ke pasar seharga Rp 47 ribu per kilo," ungkapnya. (ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved