Warga Desa Kalikondang Serbu Stan Dinas Kelautan dan Perikanan Demak di Bazar TMMD ke-105

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) identik dengan Pasar murah atau Bazar yang biasanya digelar saat upacara pembukaan maupun penutupan TMMD

Warga Desa Kalikondang Serbu Stan Dinas Kelautan dan Perikanan Demak di Bazar TMMD ke-105
ISTIMEWA
Warga Desa Kalikondang Serbu Stan Dinas Kelautan dan Perikanan Demak di Bazar TMMD ke-105 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) identik dengan Pasar murah atau Bazar yang biasanya digelar saat upacara pembukaan maupun penutupan TMMD.

Di Pembukaan TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak acara itu juga telah berlangsung di lapangan Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak, Kamis (11/7/2019).

Bazar merupakan usaha untuk meningkatkan dan memberdayakan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa, maka diperlukan wadah dalam berbagai lingkup kegiatan sehingga dapat tercapai ekonomi kerakyatan seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) desa, produk-produk kerajinan yang khas dan unik lokal dapat tercium keluar.

Pasar murah dalam pembukaan TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak ditinjau langsung oleh Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa tengah Heru Setiadhi,M,Si Danrem 073/Mahkutarama Kolonel Arm Moch Erwansjah,SIP, MM Danden Pom IV-3/Slt Letkol Cpm (K) Asmin Tapaing, Danzibang 3/IV Salatiga Letkol Czi Sri Winarso dan Kasiter Korem 073/MKT Letkol Inf Arif Isnawan dengan didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Demak.

"Kegiatan bazar dalam pembukaan TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak ini untuk memfasilitasi UMKM Desa Kalikondang dan sekitarnya, Persit juga terlibat didalamnya.

Pasar murah ini terselenggara berkat kerja sama antara Kodim 0716/Demak dengan Pemerintah Kabupaten Demak, ini untuk mewadahi dan mengembangkan serta memperkenalkan produk-produk lokal Kabupaten Demak sehingga bisa menasional," ungkap Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Puluhan stan tergelar di lapangan Desa Kalikondang, yaitu antara lain stand Kodim 0716/Demak, stand Dinas Kelautan dan Perikanan, stand Dinperindag Kabupaten Demak serta stand-stand lainnya, sebagian besar menjual berbagai macam produk seperti makanan khas daerah dan produk - produk unggulan binaan dinas-dinas yang ada di Kabupaten Demak.

Salah satunya stan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak yang paling diserbu oleh warga Desa Kalikondang, di stand tersebut menampilkan berbagai olahan-olahan berbahan dasar ikan.

"Dinas Kelautan dan Perikanan Demak ikut mendukung dan mensukseskan acara Pembukaan kegiatan TMMD Reg ke 105 Kodim 0716/Demak melalui kegiatan pasar murah, dengan menampilkan aneka produk olahan hasil perikanan, antara lain yaitu ingkung Bandeng, Bandeng Presto, kerupuk Ikan, Dendeng ikan, egg roll (fish roll) dan aneka cemilan berbahan baku ikan.

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan angka memasyarakatkan gemar makan ikan (Gemarikan) khususnya kepada anak-anak dan remaja, serta meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Demak sehingga akan menjadi generasi yang tumbuh sehat cerdas dan kuat," beber Kasi Pengolahan dan mutu hasil Perikanan, Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan , Ir Wiwik Dewi Sumbarwati.

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved