Calon Jemaah Haji Diminta Tetap Terapkan PHBS untuk Antisipasi Ancaman Meningitis

Antisipasi ancaman penyakit meningitis, para calon jamaah haji Jawa Tengah diminta untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Calon Jemaah Haji Diminta Tetap Terapkan PHBS untuk Antisipasi Ancaman Meningitis
Tribunjateng.com/idayatul rohmah
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bersama Dinkes Kota Surakarta dan instansi terkait dalam acara sosialisasi Pergub Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Hotel Chanti Semarang, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Antisipasi ancaman penyakit meningitis, para calon jemaah haji Jawa Tengah diminta untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes, PHBS menjadi kunci utama agar terhindar dari penyakit.

"PHBS ini kunci utama karena infeksi apapun kalau perilaku bersih dan sehat, penyakit itu akan kalah," jelas dr. Wahyu usai sosialisasi Pergub Kawasan Tanpa Rokok (KTR) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Hotel Chanti Semarang, baru-baru ini.

Pihaknya sendiri memastikan, calon jemaah haji embarkasi Solo dapat 100 persen berangkat ke tanah suci.

Lanjutnya, pihaknya juga telah melakukan berbagai tahapan untuk para calon jemaah haji agar tetap sehat baik sebelum maupun setelah berada di Makkah dan Madinah.

Di antaranya, melakukan tes kebugaran dan melakukan beberapa pembinaan hingga para calon jemaah haji benar-benar siap melakukan ibadah di Arab Saudi.

"Jemaah solo sendiri Alhamdulillah bisa berangkat semua. Mungkin di solo kesannya agak sulit karena kami melalui tahapan-tahapan itu," lanjutnya.

Ia menyebut, pihaknya juga telah memberikan vaksin meningitis kepada calon jamaah haji.

Hal itu untuk menghindari potensi tertularnya meningitis dari negara-negara lain dengan status berpotensi.

"Jamaah sudah tervaksinasi meningitis. Insya Allah, masa inkubasinya sudah mencukupi. Dalam arti minimal 14 hari sebelum berangkat dan kami sudah melakukan imunisasi jauh sebelum itu," paparnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved