Vincentius Tan: Perwira Militer dari Umat Khonghucu Pertama di Indonesia Asal Bangka Belitung

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto, melantik 169 perwira karier TNI dari tiga matra: darat, udara, dan laut.

Vincentius Tan:  Perwira Militer dari Umat Khonghucu Pertama di Indonesia Asal Bangka Belitung
Trihun Jateng/Yayan Isro' Roziki
PELANTIKAN DOKTER TAN - Dengan disaksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, perwira karier TNI Angkatan Udara (AU), dokter Vincentius Tan, menandatangani berita acara pelantikan dalam Prasetya Perwira Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2019, di Lapangan Sapta Marga komplek Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Kamis (11/7). 

TRIBUNJATENG.COM -- ‎Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto, melantik 169 perwira karier TNI dari tiga matra: darat, udara, dan laut.

‎Prasetya Perwira Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2019, dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga komplek Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (11/7).

‎‎Dalam pelantikan itu, Bhineka Tunggal Ika, kembali menemui peneguhannya. 169 perwira karier yang diambil sumpahnya berasal dari multi suku, agama, dan ras.

Satu di antara perwira karier yang dilantik adalah dokter Vincentius Tan, seorang umat Khonghucu, putra Bangka Belitung. Ia menjadi perwira karier di Angkatan Udara (AU).

Sejak Konghucu disahkan sebagai satu dari agama yang ‎diakui keberadaannya oleh pemerintah, semasa Presiden ke-4 Republik Indonesia (RI), KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ini merupakan pertama kalinya umat agama tersebut dilantik jadi perwira militer.

Bahkan, boleh jadi, Vincentius Tan merupakan satu-satunya umat Khonghucu yang saat ini menjadi anggota keluarga besar Tentara Nasional Indonesia.

Setidaknya, demikian pengakuan Jiao Sheng (pemuka agama Konghucu, red) Andi Gunawan. Ia merupakan Jiao Sheng (JS) yang mendampingi Vincentius saat pengambilan sumpah oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing.

"Setahu saya, ini pertama kalinya Konghucu mendapimpingi pelantikan di institusi militer. Itu berdasarkan surat dari Majelis Tinggi Agama Khonghucu (Matakin) Jakarta, yang saya terima," ‎ujar Andi, saat ditemui usai upacara pelantikan.

Andi merupakan JS asal Semarang. Secara khusus, ia diminta mendampingi pengambilan sumpah Vincentius saat ‎Prasetya Perwira Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2019 itu.

"Saya dari Semarang. Sejak Senin kemarin di sini, mengikuti rangkaian kegiatan, mulai dari gladi kotor, gladi bersih, hingga rampung ini," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: yayan isro roziki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved