Catat, Warga Kabupaten Tegal dan Sekitarnya Bisa Tonton Gerhana Bulan Dini Hari Nanti

Gerhana bulan parsial yang diprediksi muncul pada Rabu (17/7/2019) dini hari nanti ternyata bisa disaksikan warga Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Catat, Warga Kabupaten Tegal dan Sekitarnya Bisa Tonton Gerhana Bulan Dini Hari Nanti
Ist
gerhana bulan 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Gerhana bulan parsial yang diprediksi muncul pada Rabu (17/7/2019) dini hari nanti ternyata bisa disaksikan warga Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Prakirawan BMKG Klas III Tegal, Hendy Andriyanto mengatakan, dari rilis yang diterimanya dari pusat menunjukkan proses gerhana bulan parsial akan berlangsung pukul 01.42 hingga 07.19 WIB, Rabu (17/7/2019) nanti.

"Total waktu terjadinya gerhana sekitar 5 jam 37 menit. Gerhana bulan kali ini bisa diamati di wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya," kata Hendy saat dikonfirmasi Tribunjateng.com, Selasa (16/7/2019).

Menurut Hendy, gerhana kali ini dapat diamati di bagian utara, tengah dan tenggara, Asia, serta Australia saat bulan terbenam.

Sedangkan Keseluruhan proses gerhana dapat diamati dari bagian barat Asia, Samudra Hindia, sebagian besar Afrika, bagian timur samudra Atlantik dan bagian tengah eropa.

"Proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di sebagian kecil laut Afrika, bagian barat Samudera Atlantik dan Amerika Selatan.

Adapun pengamat di Samudra Pasifik, bagian utara Amerika, timur Samudra Pasifik dan sebagian kecil bagian timur Asia tidak dapat mengamati keseluruhan proses gerhana ini," jelasnya.

Hendy menambahkan, dari rilis itu juga, diketahui jika pada 2019 diprediksi akan terjadi lima (5) kali Gerhana.

Di antaranya, pada 5-6 Januari 2019 Gerhana Matahari sebagian, Gerhana Bulan Total pada 21 Januari 2019, gerhana matahari total 2 Juli 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

"Selanjutnya Gerhana Bulan sebagian yang akan terjadi pada 17 Juli nanti dan Gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019 mendatang.

Keduanya dapat diamati dari Indonesia," pungkasnya. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved