Ngopi Pagi

Fokus : Ratangga dan Pertemuan Jokowi dan Prabowo

MRT bukan kependekan dari “melarat”, tapi “kaya” makna. Lebih lagi MRT itu dipilih sebagai tempat pertemuan Jokowi-Prabowo, Sabtu (13/7/2019).

Fokus : Ratangga dan Pertemuan Jokowi dan Prabowo
tribunjateng/bram
Sujarwo atau Pak Jarwo wartawan Tribun Jateng 

Oleh Sujarwo

Wartawan Tribun Jateng

MRT bukan kependekan dari “melarat”, tapi “kaya” makna. Lebih lagi MRT itu dipilih sebagai tempat pertemuan Jokowi-Prabowo, Sabtu (13/7/2019).

Pertemuan perdana seusai keduanya bertarung dalam Pilpres 2019 yang diwarnai sengketa di Mahkamat Konstitusi.

MRT sendiri singkatan dari Mass Rapid Transit, atau moda raya terpadu. Sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik di Jakarta. Proses pembangunan telah dimulai pada tanggal 10 Oktober 2014 dan diresmikan pada 24 Maret 2019.

Kedua tokoh nasional itu memilih bertemu di MRT, mengundang beragam penafsiran. Pun bikin kagum, dan melegakan. Maklum saja, pasca Pilpres telah bermunculan spekulasi yang mengkhawatirkan, semisal spekulasi rakyat negeri ini terancam terbelah.

Jokowi, tentunya, melalui perenungan panjang hingga memilih MRT untuk pertemuan bersejarah tersebut. Sebagian orang mengibaratkan MRT “bayinya” Presiden Jokowi.

”Pak Jokowi menganggap proyek ini seperti bayi yang sedang dia tunggu-tunggu kelahirannya. Setiap saat dia cek, sampai beroperasi sekarang,” kata mantan Komisaris Utama PT MRT Jakarta Erry Riyana Hardjapamekas, kepada pers pada April 2019.

Proyek yang pernah terhenti 24 tahun itu mulai dibangun di era kepemimpinan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi memulainya ketika semuanya belum siap 100 persen. Namun, kemudian proyek tersebut benar-benar berjalan dan terwujud seperti saat ini.

Pantas jika Prabowo mengaku bangga. ”Beliau tahu bahwa saya belum pernah naik MRT. Terima kasih, Pak, luar biasa. Kita bangga bahwa Indonesia akhirnya punya MRT yang bisa membantu kepentingan rakyat,” tuturnya.

Halaman
12
Penulis: sujarwo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved