Jelang Pilwalkot Semarang 2020, Hendi Diprediksi Lawan Kotak Kosong

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk bisa ikut kembali dalam tahapan Pilwalkot Semarang 2020, Henry menegaskan jika hal tersebut dimungkinkan

Jelang Pilwalkot Semarang 2020, Hendi Diprediksi Lawan Kotak Kosong
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Wali Kota Hendrar Prihadi (Hendi) menunggu istrinya, Krisseptiana (Tia) saat mencoblos di TPS 11 Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Indonesia pasca Pemilu Raya akan mulai bergulir pada bulan September 2019.

Di Provinsi Jawa Tengah sendiri tercatat tak kurang dari 21 Kabupaten / Kota akan ikut menyelenggarakan pemilihan kepala daerahnya masing-masing.

Kota Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah pun menjadi salah satu di antaranya.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menyebutkan bergulirnya Tahapan Pilwalkot Semarang 2020 tinggal menunggu pengesahan.

"Tahapan menunggu pengesahan PKPU Pilkada, dan juga menunggu dari KPU RI, karena tahapannya serentak bersamaan," tegas Henry.

Di sisi lain ketika ditanya terkait kemungkinan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk bisa ikut kembali dalam tahapan Pilwalkot Semarang 2020, Henry menegaskan jika hal tersebut masih dimungkinkan.

"Kalau menurut PKPU Nomor 15 Tahun 2017 masih bisa," jawab Ketua KPU Kota Semarang itu singkat.

Terkait hal tersebut, pakar ilmu hukum tata negara dan konstitusi Universitas Semarang, Muhammad Junaidi berpendapat sama dengan KPU Kota Semarang.

Sebabnya meski pada Pilwakot Semarang 2020 akan menjadi kali kedua bagi Hendrar Prihadi maju sebagai calon petahana, tapi sebenarnya Wali Kota Semarang tersebut baru menjalani satu periode kepemimpinan.

"Saya pikir saya lebih sepakat bahwa beliau baru satu periode, karena penafsirannya yang pertama melanjutkan, sehingga bisa-bisa saja mencalonkan diri kembali," jelas Junaidi yang juga merupakan Ketua Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang tersebut.

Halaman
12
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved