Kapal Tabrak Crane di Tanjung Emas, Dirut Pelindo III Sebut Kerugian Rp 60 M

Pasca insiden kapal MV. Soul of Luck menyenggol crane di dermaga Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu (14/7)

Kapal Tabrak Crane di Tanjung Emas, Dirut Pelindo III Sebut Kerugian Rp 60 M
Tribunjateng/ist
Kondisi terkini Pelabuhan Tanjung Emas. Crane roboh setelah ditabrak kapal MV Soul of Luck, Minggu (14/7/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pasca insiden kapal MV. Soul of Luck menyenggol crane di dermaga Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu (14/7) sore, operasional TPKS ditutup selama 3 jam.

Seperti diberitakan sebelumnya, insiden tersebut merusak satu unit Container Crane (CC) 3 ambruk menimpa sejumlah truk dan kontainer lain.

Kapal kontainer berbendera Panama itu berlayar dari Pelabuhan Port Klang Malaysia pada tanggal 11 Juli 2019. Kapal kargo tersebut tiba di Pelabuhan Semarang 14 Juli 2019 pukul 17.10 WIB.

Akibat dari kejadian ini, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III Doso Agung menyampaikan, jumlah kerugian yang ada mencapai 60 miliar. Jumlah tersebut berdasarkan perhitungan rusaknya 1 unit crane nomer 3 dari 7 crane yang ada di Semarang, 3 Hi Truck, 14 Kontainer, 1 buah bolder dan 6 vender.

"Pelindo III merasa prihatin dengan kejadian ini. Seluruhnya tidak ada unsur kesengajaan dan kelalaian, murni kecelakaan. Juga kami senantiasa melakukan evaluasi dan pembaharuan terhadap sistem operasional pelabuhan dan sistem safetynya. Terakhir up date 1 Juli 2019. Alhamdulillah tidak ada yang meninggal maupun luka berat," jelas Doso Agung, dalam konferensi pers di Kantor Pelindo III Semarang, Senin (15/7).

Doso menyebut seorang sopir Hi Truck bernama Heri Setiawan mengalami luka ringan. Heri sudah kembali bekerja namun manajemen memintanya istirahat. Ia menegaskan, Pelindo III memberikan garansi tidak terjadi keterlambatan bongkar muat. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved