Lipsus : Harga Cabai di Jateng Tembus Rp 60 Ribu, Ternyata Ini Penyebabnya

Sejumlah warga di Kota Semarang resah terkait mahalnya harga cabai untuk keperluan masak.

Lipsus : Harga Cabai di Jateng Tembus Rp 60 Ribu, Ternyata Ini Penyebabnya
tribunjateng/dok
ILUSTRASI. Harga Cabai Dan Beras Di Kota Tegal Merangkak Naik (5/8/2015) 

- Harga cabai Rp 25 ribu naik jadi Rp 60 ribu
- Disperindag sebut cabai Jateng dijual di luar Jawa
- Ada selisih puluhan ribu rupiah di pasar-pasar Jateng
- Pemerintah akui harga cabai beda-beda di pasaran

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejumlah warga di Kota Semarang resah terkait mahalnya harga cabai untuk keperluan masak. Hari biasa beli cabai rawit sekilo hanya sekitar Rp 25 ribu tapi kini harga sudah mencapai Rp 60an ribu.

Harga cabai pada bulan Januari murah kemudian berangsur naik menjelang Idulfitri dan setelahnya. Kenaikan bertahan hingga kini. Di sisi lain, saat harga melorot murah, petani cabai di beberapa wilayah protes, membuang cabai hasil panennya di jalan. Karena saking murahnya hasil panen, tidak sesuai dengan biaya tanam.

Sejak akhir tahun 2018 lalu, harga cabai terus merosot dari Rp 20.000 perkilogram jadi Rp 15.000. Kemudian semakin turun drastis hingga hanya Rp 6.000 sekilogram pada Januari.

Kondisi itu berbeda dengan sekarang ini. Harga cabai meroket, 'sangat pedas' untuk kalangan ibu rumah tangga atau pedagang makanan. Ibu-ibu rumah tangga pun mengeluh karena harus menambah uang belanja jika ingin bikin sambal.

Kenaikan cabai terjadi di berbagai wilayah di Jawa Tengah. Variasi kenaikan harga berbeda-beda.

Tergantung daerah tersebut merupakan sentra produksi cabai atau bukan. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo menuturkan berdasarkan pantauan harga, kenaikan cabai terjadi di semua wilayah Jawa Tengah.

"Saya mengakui harga cabai mahal karena faktor ketersediaan. Ini merupakan kecenderungan yang dialami secara nasional, tidak hanya Jateng," kata Arif. Meskipun demikian, kata dia, persentase kenaikan berbeda di tiap daerah.

Berdasarkan Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi) Provinsi Jawa Tengah, harga cabai rawit hijau di Kota Semarang mencapai Rp 64.000 perkilogram pada Jumat (12/7). Berbeda di Kota Surakarta yang hanya Rp 28.500.

Begitu juga dengan harga cabai rawit merah di Demak mencapai Rp 60.000 perkilogram. Sedangkan di Kota Salatiga Rp 47.500. Kenaikan harga cabai juga terjadi pada varietas cabai merah besar keriting dan merah besar keriting.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved