Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Canggu Bali, Ini Penjelasan Ilmiah Mulai dari Suhu hingga Tsunami

ini penjelasan ilmiah ribuan ikan terdampar di darat, disebabkan oleh banyak faktor, dari mulai suhu, kadar oksigen, guncangan, gempa bumi hingga bisa

Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Canggu Bali, Ini Penjelasan Ilmiah Mulai dari Suhu hingga Tsunami
FACEBOOK
Video viral ikan lemuru naik terdampar di Pantai Batubolong Canggu, Badung, Bali, Senin (15/7/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM- Ribuan ikan Lemuru terdampar di Pantai Batubolong, Canggu, Badung, setelah gempa bumi 6,0 SR mengguncang Bali, Selasa (16/7/2019) pagi.

Dilansir dari Kompas.com, tim Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana Daerah Bali yang berada di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, mengonfirmasi mengenai kebenaran fenomena tersebut.

"Betul, betul (mengenai kebenaran video). Itu fenomena tumen. Jarang-jarang terjadi yang seperti itu," ujar Tim Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana Daerah Bali Nyoman Parwata ketika dihubungi Kompas.com.

Ia mengatakan, fenomena semacam ini pernah terjadi usai Bali diguncang gempa.

"Memang sih pengalaman sehabis gempa ada air pasang surut, ikan itu seperti itu. Tapi semalam kan tidak terjadi gempa. Hanya pagi tadi (terjadi gempa)," lanjutnya.

Meski demikian fenomena ini dianggap wajar oleh masyarakat setempat.

Tribunjateng.com merangkum, fenomena ribuan ikan terdampar di daratan disebabkan oleh banyak faktor, dari mulai suhu, kadar oksigen, guncangan, gempa bumi hingga bisa jadi pertanda tsunami.

Berikut ini penjelasan ilmiah ribuan ikan terdampar di darat :

Melansir darai Banjarmasinpost.com, Dosen program studi Manajemen sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Suhaili Asmawi mengatakan bahwa ikan mencari oksigen.

"Atau bisa juga karena kenaikan suhu air laut setempat yang diikuti dengan penurunan oksigen terlarut, sehingga ikan berenang ke arah pesisir pulau, dengan harapan mendapat massa air yang bersuhu sesuai kebutuhan," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Wilujeng Puspita
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved