Sarasehan Kampung Tematik di Udinus, Kampung Tematik Harus Menyejahterakan Warganya

"Kampung tematik jangan hanya dijadikan pajangan. Tak cuma rumah warna-warni saja."

Sarasehan Kampung Tematik di Udinus, Kampung Tematik Harus Menyejahterakan Warganya
TRIBUN JATENG/LIKE ADELIA
Sari sedang mengambil foto di bawah Payung warna-warni yang dipasang di Kampung Tematik Pedalangan, Banyumanik, Senin(06/11/2017) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kampung tematik merupakan inovasi Pemkot Semarang mengatasi pemenuhan hak dasar warga Semarang, terutama peningkatan kualitas lingkungan tempat tinggalnya.

Namun diharapkan kampung tematik tak hanya berhenti di situ saja. Artinya peningkatan tersebut terus terjadi di segala faktor, di antaranya perekonomian masyarakat Kota Semarang.

Hal itu diungkapkan Devi Purnamasari, Dosen Ilmu Komunikasi Udinus di sela sarasehan kampung tematik untuk peningkatan perekonomian masyarakat Kota Semarang 'Iso Kas!' di gedung H Udinus, Selasa (16/7/2019).

"Kampung tematik jangan hanya dijadikan pajangan. Tak cuma rumah warna-warni saja."

"Artinya harus ada pemikiran tentang warga di situ meningkat perekonomiannya," ungkap dia.

Salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat di kampung tematik menurutnya adalah membuat kampung tersebut menjadi tempat wisata kekinian.

Artinya perputaran uang menjadi meningkat di situ, dengan adanya tiket masuk ke kampung tematik, dan adanya stan makanan hingga oleh-oleh.

"Pemerintah Kota Semarang bisa mendorong dengan cara menjadikannya tempat wisata baru di Semarang," imbuhnya.

Hal lain yang dapat dioptimalkan ialah mengoptimalkan potensi yang ada di kampung tematik tersebut. Misal di situ ada sentra kerajinan batik, atau makanan khas Kota Semarang, maka perlu ada dorongan dari Pemkot agar produksinya meningkat.

Memurut Devi, pelibatan partisipasi masyarakat secara aktif dapat membuat kampung tematik di Kota Semarang bisa lebih memakmurkan warganya.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved