Serapan Anggarannya Paling Rendah Dibanding OPD Lain, Ini Pembelaan Kepala DPUTR Pati

Hingga akhir Juni 2019, atau triwulan kedua, tingkat serapan anggaran belanja langsung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati

Serapan Anggarannya Paling Rendah Dibanding OPD Lain, Ini Pembelaan Kepala DPUTR Pati
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan II di Ruang Pragolo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Selasa (16/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Hingga akhir Juni 2019, atau triwulan kedua, tingkat serapan anggaran belanja langsung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati ialah 13,28 persen.

Persentase tersebut merupakan yang terendah di antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Pati.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pati Pujo Winarno dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan II di Ruang Pragolo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Selasa (16/7/2019).

Menanggapi hal tersebut, Kepala DPUTR Pati Ahmad Faisal menjelaskan, kondisi ini terjadi karena proyek-proyek besar DPUTR masih dalam proses pengerjaan.

"Proyek yang besar-besar pada tahun ini, seperti RSUD Kayen, Kantor Bappeda, dan pembangunan dua jalan masih dalam proses pengerjaan, sehingga belum ada penarikan.

Proyek pembangunan kantor Bappeda sendiri kemarin ada keterlambatan proses pengadaan karena kami butuh konsultan manajemen.

Adapun di RSUD Kayen ada perencanaan ulang," jelasnya.

Faisal menambahkan, serapan anggaran belanja dinas yang ia pimpin juga masih rendah karena dana-dana dari provinsi sendiri keluarnya harus melalui proses RKO (Rencana Kerja Operasional), sehingga pengadaannya terlambat.

"Kondisi saat ini, sudah proses pengadaan semua, namun masih dalam pelaksanaan kegiatan.

Pekerjaan yang besar-besar itu akan berakhir pada bulan Desember," tandasnya. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved