SMAN 1 Brebes Kembalikan Uang Pungutan Siswa Baru, Ombudsman: Kami Imbau Sekolah Lain juga

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan, pungutan Rp 3 juta yang dilakukan sekolah itu tidak dibenarkan

SMAN 1 Brebes Kembalikan Uang Pungutan Siswa Baru, Ombudsman: Kami Imbau Sekolah Lain juga
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Plt Kepala Ombudsman Perwakilan Jateng, Sabarudin Hulu (kanan), berdialog dengan pihak SMAN 1 Brebes, Selasa (16/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah mendatangi SMAN 1 Brebes, Selasa (16/7/2019).

Kedatangannya tersebut untuk menindaklanjuti adanya pungutan siswa baru yang dilakukan melalui komite sekolah untuk pembangunan gedung sebesar Rp 3 juta.

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan, pungutan Rp 3 juta yang dilakukan sekolah itu tidak dibenarkan.

Hal itu merupakan tindak maladminitrasi. Meskipun, pungutan dilakukan melalui Komite Sekolah.

"Apapun bentuknya pungutan itu, tidak boleh. Bahkan melalui komite sekolah juga tidak boleh. Apalagi ada larangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah," kata Sabarudin Hulu, di SMAN 1 Brebes.

Ia mengatakan, proses penarikan sumbangan atau pungutan dari orang tua siswa harus dilakukan sesuai prosedur.

Pasalnya, pemerintah sendiri telah mengalokasikan 20 persen anggaran dari APBN untuk pendidikan.

Prosedur yang dimaksud, program atau kegiatan sekolah itu harus dituangkan dalam Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS) yang kemudian diajukan ke Disdikbud Jawa Tengah. Sehingga nanti akan jelas untuk apa peruntukannya.

"Apapun pungutan itu, harus distop, harus dicegah. Agar tidak ada potensi terjadi maladministrasi. Tidak boleh lagi ada pungutan sebelum ada arahan dari Disdikbud Jateng," jelasnya.

Terkait pungutan di SMAN 1 Brebes, Sabarudin mengungkapkan, dari total 496 siswa baru, telah ada sekitar 80 orang tua siswa yang membayar uang gedung senilai Rp 3 juta.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved