Sriboga Gelar Baking Workshop dan Digital Business Bagi Pelaku Industri Serta UKM di Bidang Bakery

PT Sriboga Flour Mill menyelenggarakan baking demo Bakery & Pastries dengan mengusung tema "Fiesta Bakery Innovation & Digital Smartpreneur

Sriboga Gelar Baking Workshop dan Digital Business Bagi Pelaku Industri Serta UKM di Bidang Bakery
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Baking Workshop dan Digital Business, bertempat di Aston Hotel & Convention Center Semarang, Selasa (16/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Sriboga Flour Mill menyelenggarakan baking demo Bakery & Pastries dengan mengusung tema "Fiesta Bakery Innovation & Digital Smartpreneur." Bertempat di Aston Hotel & Convention Center Semarang, Selasa (16/7/2019).

Bagi yang masih asing dengan Sriboga Flour Mill, sedikit informasi, Sriboga Flour Mill dikenal sebagai pelopor terigu paling inovatif dan merupakan tiga besar produsen di Indonesia.

Perusahaan ini juga menaungi Sriboga Food Group antara lain, Pizza Hut, Pizza Hut Delivery, The Kitchen by Pizza Hut, Marugame Udon, dan Boat Noodle.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 240 peserta dari target 175 peserta. Mayoritas dari mereka adalah pelaku UKM dan pelaku industri di bidang Bakery. Melalui event ini, nantinya peserta diberi edukasi tentang aplikasi dan pemasaran melalui digital bekerjasama dengn Google.

Di antaranya seperti edukasi untuk kemasan supaya tahan lama dan membuat UKM yang tadinya hanya mengandalkan resep tradisional dengan harga jual menengah kebawah, mulai berinovasi supaya segmen produk lebih meningkat, sehingga harga jual mereka juga lebih tinggi.

General Manager PT Sriboga Flour Mill, Rike Sundari menjelaskan, tujuan mengadakan event Baking Workshop dan bekerjasama dengan Google, pihaknya ingin para pelaku UKM bakery dan industri bakery supaya bisa memasarkan produk secara online. Sehingga mereka menjadi UKM yang meningkat atau naik kelas.

"Kami juga menghadirkan digital business speaker dari Google My Business, untuk berbagi informasi kepada para undangan terkait cara dan manfaat mendaftarkan usaha mereka di mesin pencari Google, agar bisa lebih dilihat sekaligus meningkatkan penjualan secara online," ungkap Rike Sundari, pada Tribunkateng.com, Selasa (16/7/2019).

Sementara itu, membahas produk dari Sriboga Flour Mill ada tiga kategori yaitu premium, non premium, dan super premium. Dengan perkembangan produk premium 55 persen, non premium 40 persen, dan super premium 3-5 persen. Sedangkan kapasitas produksi masih 30 persen dari kapasitas terpasang.

Rike menyebut, Pasar paling besar produk Sriboga di Bali karena Hotel, Restoran, Ketering, Cafe, dan UKM-UKM bakery modern disana cukup banyak.

"Dari total omzet yang diperoleh untuk produk super premium, Bali berkontribusi sekitar 20 persen dari 30.000 sak kemasan 25kg. Disusul Bandung, Jakarta, dan Jateng juga potensinya bagus karena sudah banyak modern bakery," tuturnya.

Adapun keunggulan dari salah satu produk yaitu super premium di antaranya ukuran tepung terigu lebih halus sehingga produk lebih lembut. Produk lebih putih tanpa menggunakan pemutih, ada kategori protein rendah, sedang, dan tinggi.

Produk Super Premium ada empat jenis, yaitu Hime yang cocok digunakan untuk pembuatan roti Asia, Duoble Zero yang cocok untuk membuat roti Eropa. Lalu ada jenis tepung Ninja, yang bisa digunakan untuk membuat kue apa saja, dan Yokozuna cocok untuk membuat cake.

"Market share Sriboga dari konsumsi terigu secara nasional 4-5 persen, hal tersebut membuat Sriboga menduduki nomor enam terbesar dari total 22 pemain terigu," jelasnya.

Director PT Sriboga Flour Mill, Hadian Iswara menambahkan, inti dari kegiatan ini ada dua yaitu edukasi aplikasi dan edukasi pemasaran. Pihaknya mengedukasi peserta untuk membuat produk yang bisa tahan lama atau awet dengan proses frozen dan kemasan yang menarik.

"Berlangsungnya kegiatan ini, diharapkan para pelaku industri Bakery serta UKM di bidang bakery dapat memanfaatkan Tepung-tepung kelas Super Premium tersebut sebagai bahan baku unggulan, untuk menghasilkan produk usaha yang berkualitas," harap Hadian. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved