Tiga Mahasiswa Universitas Muria Kudus Buat Alat Pengirim Tanda Kecelakaan Lalu Lintas

Tiga Mahasiswa Universitas Muria Kudus membuat alat yang mampu memberikan informasi kecelakaan lalu lintas.

Tiga Mahasiswa Universitas Muria Kudus Buat Alat Pengirim Tanda Kecelakaan Lalu Lintas
IST
Tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus tunjukkan hasil temuan mereka berupa alat pengirim tanda kecelakaan lalu lintas (Humas UMK) 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Tiga Mahasiswa Universitas Muria Kudus membuat alat yang mampu memberikan informasi kecelakaan lalu lintas, baik waktu dan lokasi, kepada keluarga, rumah sakit hingga kepolisian.

Tujuan alat yang dinamakan Accident Location Information System (ALIS); tersebut untuk memercepat penanganan kecelakaan sehingga bisa meminimalisir dampak kecelakaan, misalnya korban jiwa.

Tiga mahasiswa tersebut yakni Linda Noviana dari Jurusan Sistem Informatika, Bagus Utomo dari Jurusan Teknik Informatika, dan Alfiana Mega Susanti dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Alat itupun diiikutkan dalam lomba tingkat internasional pada 25 Juni 2019 di Bali, yakni International Sains and Invention Fair (ISIF).

Bakal Ada Senjata Baru di Season 8 PUBG Mobile, dan Ini Hal Baru Lainnya

Ide pembuatan alat ini berawal dari kejadian kecelakaan yang terjadi selama ini. Ketika dicermati, rata-rata korban meninggal dunia atau parah diakibatkan keterlambatan penanganan.

Apalagi ketika lokasi kecelakaan di jalan yang sepi.

Dengan sensor tersebut, maka bisa memudahkan memberikan informasi kepada keluarga, rumah sakit terdekat atau instansi terkait lain.

“Alat ini bisa dipasang di transportasi darat, bus, mobil, dan sepeda motor. Nantinya ALIS dipasang di kendaraan bagian dalam, belakang, sisi kanan, dan kiri. Nantinya ketika terjadi benturan, sensor yang dipasang akan mengirimkan signal ke komponen utama dan akan diteruskan informasionya berupa notifikasi ke apliaksi yang bisa diunduh melalui playstore,” ujar Linda Noviana.

Mereka yang mengunduh akan mendapatkan notifikasi waktu kejadian atau kecelakaan sekaligus tempatnya.

Sehingga petugas medis atau keluarga bisa langsung menuju lokasi dengan cepat untuk melakukan penanganan korban.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved