Tunggu Keputusan Soal Bunga Acuan BI, IHSG Besok Diperkirakan Masih Terkoreksi

IHSG terkoreksi 0,25% atau minus 16,35 poin ke level 6.401,88 pada penutupan perdagangan Selasa (16/7/2019)

Tunggu Keputusan Soal Bunga Acuan BI, IHSG Besok Diperkirakan Masih Terkoreksi
Kompas.com/Garry Lotulung
Ilustrasi IHSG 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 0,25% atau minus 16,35 poin ke level 6.401,88 pada penutupan perdagangan Selasa (16/7/2019).

Sejumlah analis memproyeksikan IHSG akan melanjutkan terkoreksi.

Analis Artha Sekuritas Dennies C Jordan menyatakan, IHSG akan terkoreksi di rentang 6.385-6.424 pada perdagangan esok hari. 

“Secara teknikal indikator stochastic membentuk deadcross menunjukkan potensi pelemahan dalam jangka pendek sehingga besok pergerakannya cenderung terbatas,” kata Dennies dilansir Kontan.co.id, Selasa (16/7/2019).

Dennies menambahkan, sentimen lainnya karena sikap investor yang lebih cenderung wait and see menjelang keputusan penetapan suku bunga Bank Indonesia (BI).

Rabu dan Kami 17-18 Juli 2019, BI akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) penetapan suku bunga acuan atau BI-7 Day Reverse Repo Rate.

Kinerja IHSG yang stagnan pada pekan lalu dan data impor di kuartal II 2019 menurun cukup mencerminkan perlambatan ekonomi Indonesia.

Selain itu, sebelumnya Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell sempat menyampaikan kebijakan moneter AS harus lebih akomodatif yang menjadi sinyal kuat Federal Reserve akan memangkas suku bunga diikuti dengan BI yang juga akan memangkas BI-7 DRR.

Namun, Dennies bilang hal ini cukup menjadi katalis negatif yang membuat investor cenderung wait and see, diikuti banyak sektor yang memerah hari ini.

Analis Jasa Utama Capital Chris Apriliony juga menjelaskan hal yang sama. Dia memperkirakan, IHSG akan bergerak bearish di rentang 6.370-6.400.

“Sentimen teknikal IHSG masih berpeluang untuk turun karena didorong pengumuman pemangkasan BI rate,” kata dia.

Kendati demikian Chris bilang IHSG masih ada potensi rebound walau terbatas menjelang keputusan suku bunga.

Dia melihat, potensi pemangkasan suku bunga akan berpengaruh pada sektor properti dan perbankan yang sensitif dengan perubahan suku bunga acuan.

Pada perdagangan esok hari Dennies merekomendasikan beberapa saham untuk ditransaksikan yakni PT Indika Energy Tbk (INDY) dengan target harga Rp 1.850–Rp 1.900. Kemudian PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dengan target harga Rp 436–Rp 442, dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dengan target harga Rp 6.050–Rp 6.150. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul IHSG berpeluang melanjutkan koreksi karena faktor wait and see suku bunga BI

Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved