Antisipasi Peredaran Narkoba, BNK Brebes Gelar Tes Urine Anggota TNI Kodim 0713

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kodim 0713 Brebes, Rabu (17/7/2019).

Antisipasi Peredaran Narkoba, BNK Brebes Gelar Tes Urine Anggota TNI Kodim 0713
ISTIMEWA
Anggota BNK Brebes melakukan tes urine anggota Kodim 0713 Brebes di halaman Makodim Brebes, Rabu (17/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Dalam rangka pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di semua lini, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kodim 0713 Brebes, Rabu (17/7/2019).

Dalam sidak tersebut, BNK melakukan tes urine seluruh anggota.

Kepala Seksi Pencegahan BNK Brebes, Lukman Suyanto mengatakan, Kabupaten Brebes merupakan daerah yang sangat potensial bagi perlintasan dan peredaran narkoba.

"Hal ini karena Brebes merupakan wilayah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Apalagi jalur tol sepanjang Brebes terurai di beberapa titik," kata Lukman, usai melakukan sidak.

Beberapa titik di sepanjang Kabupaten Brebes yang terdapat pintu gerbang jalan tol yaitu exit tol Pejagan, Brebes Barat dan Brebes Timur (Brexit).

Melalui pintu tol itu, menurutnya, akan memudahkan keluarnya kendaraan, sehingga ini potensial untuk peredaran narkoba.

"Ini menjadi tugas kita semua, karena narkoba lebih berbahaya jika dibandingkan dengan terorisme," tuturnya.

Dari hasil tes urine tersebut, BNK tak menemukan anggota Kodim 0713 Brebes yang mengkonsumsi obat terlarang.

Usai sidak, BNK kemudian memberikan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dandim 0713 Brebes, Letkol Inf Faisal Amri, mengapresiasi sidak tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan BNK tersebut membantu Kodim dalam mewujudkan institusi yang bebas narkoba dan obat terlarang lainnya.

"Terimakasih kepada BNK Brebes karena telah membantu Kodim dalam mewujudkan institusi yang bebas narkoba. Dalam sidak tes urine ini, semua jajaran Kodim 0713/Brebes dinyatakan terbebas dari penyalahgunaan narkoba," katanya.

Dandim menegaskan, jika ada salah satu prajurit Kodim 0713 Brebes yang terindikasi positif menggunakan narkoba, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku di lingkungan angkatan Darat.

Pihaknya tak segan-segan memberikan sanksi kepada jajarannya jika melakukan pelanggaran, apalagi pelanggaran penyalahgunaan narkoba.

"Bagi prajurit yang melakukan penyalahgunaan narkoba, baik sebagai pengguna maupun pengedar, hukumannya hanya satu yaitu pecat dengan tidak hormat. Tidak ada tawar-menawar," tegasnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved